Perbedaan Blog dan Situs Web

Seringkali kita mendengarkan orang berbicara mengenai blog. Bahkan mungkin hampir setiap orang dari anak-anak sampai orang tua mempunyai blog, entah itu berisi catatan pengalaman mereka sehari-hari ataupun mengenai hobi dan pekerjaan mereka. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan blog itu?

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia)

Orang yang menulis blog biasa disebut dengan blogger.

Blog dapat diupdate setiap hari, setiap minggu ataupun setiap bulan bahkan memungkinkan juga untuk diupdate setiap saat. Blog seringkali merefleksikan kepribadian dari pemilik blog tersebut. Blog dapat berupa tulisan pribadi(diari), hobi ataupun kumpulan jurnal ilmiah maupun non ilmiah dari si penulis.

Banyak sekali situs-situs web yang menawarkan account blog gratis. Pengguna yang sudah mahir dapat menginstal mesin blog kedalam situs web mereka.

Jadi apakah Blog itu sama dengan Situs Web?

Sebelumnya kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Situs Web. Situs Web adalah kumpulan halaman-halaman web, gambar, video dan aset-aset digital yang terhubung satu sama lain, biasanya mempunyai satu homepage dan terletak di satu server yang sama, dipersiapkan dan dimaintain oleh sekelompok orang, grup ataupun organisasi. Pada perkembangan terakhirnya web sudah memasuki teknologi web 2.0.

Pada Web 2.0, suatu situs web memuat konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, sharing informasi dan kolaborasi diantara penggunanya. Dengan konsep ini maka pada perkembangannya sekarang didalam suatu situs web terdapat layanan-layanan hosting seperti social-networking sites, wikis, blogs, and folksonomies.(Wikipedia)

Jika kita lihat definisi diatas maka Blog bisa dikatakan merupakan bagian dari suatu situs Web, dimana pada blog kita bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama pengguna dan mudah untuk mengupdate isinya.

About these ads

~ oleh Wulan pada Juli 4, 2008.

19 Tanggapan to “Perbedaan Blog dan Situs Web”

  1. Kalo kompas.com dan detik.com itu blog bukan?

  2. duh pusing nih gw dapat pertanyaan dari pak dosen :) sepertinya sih bukan Pak, lebih tepatnya lagi disebut dengan portal, dimana kedua situs tersebut menggunakan konsep web content management system yang mana disitu kita bisa mengupdate news ataupun artikel dengan mudah hampir mirip dengan blog tetapi mungkin perbedaannya hanya pada contentnya saja ya Pak. dan didalam sebuat portal bisa memuat blog juga. Bagaimana pak Budi? apakah jawabannya saya sudah bisa mendapatkan nilai A :)
    hai Bud, apa kabar calon keponakan kami? dah berapa bulan nih?

  3. Emang susah kalo dijawab bedanya secara teknis. Lha wong situs2 itu juga menampilkan berita secara dibalik. Berita paling akhir tampil paling atas. Pengunjung boleh ngasih komentar juga.
    Sekarang banyak yang membuat situs pribadi atau perusahaan dengan mesin blog.
    Dulu ada teman yang menutup blognya dan mengatakan ingin membuat situs pribadi yang lebih serius. Blog, kata dia kurang serius, banyak main2nya. Lalu waktu aku kunjungi situs barunya, aku berkomentar, “Lha ini kan blog juga?”. Dia balik tanya,”Emang beda situs ma blog apa? Trus situs dikatakan blog kalo gimana?” :)

    BTW, calon keponakan berumur 4 bulan dalam kandungan :)

  4. kesimpulannya mantap: blog sudah pasti situs web, situs web belum tentu berupa blog :)

  5. menurut aku seh blog himpunan bagian dari web , dan bisa dikatakan blog adalah web yang memiliki spesialiasi tertentu untuk sharing informasi alias lebih interaktif antara pembuat blog dan komunitasnya, ya mungkin untuk sekarang seh bisa dikatakan blog adalah web v 2.0

    salam kenal dari kang Ade

  6. salam kenal juga kang Ade,
    terima kasih sharingnya disini ya. saya setuju dengan yang dikatakan kang Ade.

    cheers,
    wulan

  7. Thank bro artikel nya sangat membantu jangan lupa link back http://aormybyte.tk

  8. bener banget.
    yang namanya blog dah pasti web.
    tp yang namanya web lom tentu blog.
    lo web ga semuanya bisa di update.
    v lo blog bisa di update hampir tiap hari..

  9. sO, APA pERBEDAANYA??????????

  10. 1 lg bro,membuat blog relatif lbih mudah dr pda merancang sbuah website. Thanks 4 sharing

    • yup, betul banget, di blog sudah di beri banyak fasilitas yang memudahkan kita untuk berkreasi, sementara di website kita harus membuat code-code ato sedikit bekerja lebih keras untuk menambahkan fasilitas2/fitur2 yang membuat website kita lebih berwarna.

  11. kalo menurut saya,blog adalah catatan dari seseorang yg diupdate secara terus menerus tentang pribadi atau profesi seseorang yg bersifat lebih oersonal.

    sumber:information online

    • setuju, memang blog itu lebih personal sifatnya karena disitu semua orang bisa mengungkapkan pendapat, opini, prasangka, dan bahkan suasana hatinya :) kita bisa berdiskusi secara bebas di blog, tapi jangan lupa tetap harus bertanggungjawab dan memperhatikan aturan2 yang berlaku di dunia maya….

  12. Ikut belajar aja … Aku sih gaptek1000%.

  13. Bingung,..
    Kalo langsung di praktikkan pasti lebih ok.

  14. Trmksh.artikelnya sangat membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: