Ipad, Next generation of Netbook?

Baru-baru ini Apple mengelurkan produk baru yang diberi nama Ipad. Pada awalnya nama iPad menjadi bahan lawakan dikalangan komunitas internet. Mengapa? Karena nama iPad berkonotasi dengan pembalut wanita. Tapi bagi pihak Apple, mereka menikmati saja kehebohan tersebut karena bagi mereka nama iPad akan selalu terdengar dan lawakan itu akan hilang begitu saja seiring dengan waktu. Walaupun begitu, cukup banyak juga yang antusias dengan produk ini.

Apakah Ipad? Mereka mengklaim Ipad sebagai suatu alat berteknologi baru dan revolusioner dengan harga yang cukup murah. Dengan keunggulan pada layar sentuhnya yang besar serta aplikasi yang berjalan dengan orientasi layar portrait ataupun landscape Ipad menawarkan kemudahan untuk menjelajahi web, email, photo dan video.

Beberapa applikasi yang terbundle dalam Ipad:

1. Safari
Dengan layarnya yang besar, menjelajah web menjadi lebih menyenangkan, anda dapat melihat halaman web dengan ukuran yang dapat dibaca dengan nyaman dengan warna yang bagus dan teks yang tajam baik secara portrait ataupun landscape. Dengan Ipad, menjelajah web menjadi lebih mudah dan sangat jelas karena hanya dengan menggunakan jari anda sehingga akan lebih mudah bernavigasi dari satu halaman ke halaman yang lain.

2. Mail
Lihat dan sentuhlah email anda dengan cara yang belum pernah anda alami sebelumnya. Secara landscape, email akan dibagi menjadi 2 bagian yang menampilkan email yang terbuka dan isi inbox anda. Tapi jika anda ingin memilih sendiri email yang akan dibuka, maka gantilah orientasi halamannya menjadi portrait. Dengan orientasi halaman yang manapun anda dapat men-scroll halaman, menulis email baru dengan menggunakan keyboard diatas layar dan mendelete email hanya dengan menggunakan jentikan atau ketukan jari anda. Jika seseorang mengirimi anda foto melalui email, maka foto tersebut akan langsung terlihat didalam email anda dan anda pun dapat langsung menyimpannya kedalam iphoto jika anda inginkan. Ipad dapat berjalan pada hampir semua email provider seperti: MobileMe, Yahoo!Mail, Gmail, Hotmail dan AOL.

3. Photos
Dengan layar yang tajam dan keunikan fitur software foto pada Ipad, anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam menikmati dan berbagi foto. Sebagai contoh, iPhoto app akan menampilkan semua album foto anda dalam bentuk tumpukan dan kemudian anda tinggal mengklik salah satu tumpukan album yang anda inginkan, dan semua foto dalam album tersebut akan ditampilkan. Dari situ anda dapat memutar2 foto, menzoom in dan out serta menampilkan slideshow. Anda juga dapat menjadikan Ipad anda sebagai digital foto frame selagi Ipad sedang diletakkan di dock atau di charge. Ada banyak cara untuk mengimport foto kedalam iPad. Anda dapat mensinkronisasi foto dari komputer anda, mendownload dari email atau mengimport langsung dari kamera anda dengan menggunakan tambahan alat.

4. Video
Layar iPad yang menggunakan resolusi tinggi membuat iPad sangat cocok digunakan sebagai alat untuk menonton video dengan berbagai tipe dari film berkualitas HD sampai dengan pertunjukan TV dan video musik. Untuk berpindah dari widescreen ke full screen anda tinggal menjetikan jari anda 2 kali. Tapi karena iPad menggunakan layar yang lebar tanpa gangguan keyboard ataupun tombol-tombol maka bagaimanapun cara anda menonton anda akan tetap menikmatinya.

5. Youtube
Dengan aplikasi Youtube, anda dapat melihat dan memilih video youtube dengan mudah. Untuk memilih anda tinggal menjentikan jari anda saja. Jika anda menonton secara landscape, video akan dimainkan secara full screen. Dan dengan kualitas layar yang menggunakan resolusi tinggi, anda akan menikmati video berkualitas HD dengan menakjubkan.

6. App Store
iPad menjalankan sekitar 140.000 app dari App Store, mulai dari games, software bisnis dan banyak lagi. Dan untuk applikasi baru yang didesain untuk iPad akan dihighlight sehingga anda akan dengan mudah menemukannya. Cukup dengan mengklik icon App Store dibagian kanan iPad anda akan dapat membeli, menjelajah dan mendownload aplikasi secara wireless.

7. iBooks
iBooks adalah suatu aplikasi untuk membeli dan membaca buku dengan mudah. Download aplikasi gratisnya dari App Store. Kemudian anda dapat membeli buku-buku melalui iBookstore. Begitu anda sudah membeli buku dari sana, buku-buku tersebut akan tampil di rak buku anda. Kliklah pada buku yang akan anda baca.

8. Maps
Maps benar-benar merupakan suatu pengalaman baru pada iPad. Dengan menggunakan layanan dari Google Maps anda dapat mencari alamat yang anda inginkan dan mendapatkan rute menuju alamat tersebut.

9. Notes
Dengan layar yang lebar dan keyboard on screen, anda dapat membuat catatan dengan mudah. Dengan menggunakan view landscape, anda dapat melihat tidak hanya judul note tapi juga list/isi dari note tersebut. iPad juga akan memberi lingkaran merah pada judul note yang sedang anda lihat, sehingga anda langsung tahu note mana yang sedang anda lihat.

10. Calendar
iPad membuat anda mudah untuk melihat jadwal kegiatan anda dengan menampilkan kalender dalam hari, minggu ataupun bulan. Anda dapat melihat overview kegiatan anda sebulan atau dalam detail perharinya.

11. Contacts
App Contacts membuat pencarian nama, nomor dan informasi penting lain dalam contacts menjadi semakin mudah dan cepat. Perlu mencari arah menuju alamat dari contacts anda, klik saja pada alamat dicontact yang anda pilih dan iPad akan membuka Map untuk mencari rute yang anda butuhkan.

12. Home Screen
Melalui Home Screen anda dapat memilih akses ke semua aplikasi dalam iPad dengan sekali klik saja. Anda dapat mengkostumisasi Home Screen anda dengan menambahkan aplilkasi dan web favorit anda atau menggunakan foto anda sebagai background.

13. Spotlight Search
Spotlight Search memperkenankan anda mencari ke seluruh aplikasi yang ada di iPad termasuk email, Contacts, iPod dan Notes juga dari aplikasi yang anda download dari App Store.

Dengan fitur seperti diatas, saya rasa iPad lebih mirip dengan Netbook daripada dikatakan sebagai pesaing e-Reader. Dan jika dibandingkan dengan e-reader yang sesungguhnya maka iPad masih akan kalah bersaing karena iPad hanya mempunyai batere yang tahan selama 10 jam, sedangkan e-reader bisa bertahan sampai dengan 1 minggu. Tapi apakah iPad akan mengalahkan netbook-netbook yang ada sekarang ini? Dan dengan desainnya yang cantik, apakah iPad akan sepopuler produk-produk Apple sebelumnya? Kita lihat saja kelanjutan kisah iPad dipasaran.

~ oleh Wulan pada Februari 3, 2010.

Satu Tanggapan to “Ipad, Next generation of Netbook?”

  1. klo bole tau,Harga ipad brapa sist?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: