Perth, our new home….

Ups…gak terasa udah 2 minggu di negeri kangguru. So far semua berjalan dengan baik, tidak seperti yang ditakutkan banyak orang disekitarku sebelumnya. Semua masih bisa diatasi oleh kami berdua. Anak-anak beraktivitas seperti biasa, malah kakak Dino Ben10 semakin mandiri dan si kecil Jeki dapat tidur dengan nyaman tanpa harus ditunggui terus-menerus sehingga aku bisa mengerjakan pekerjaan rumah tanggaku dengan baik. Selain itu, disini semua serba praktis dan nyaman. Seperti kata bapak mertua kakakku “Kalau sudah memilih tinggal dinegeri orang maka goodbye Jawa, goodbye Jakarta”. Itu bukan berarti melupakan akar budaya dan nenek moyang tapi hiduplah seperti kebiasaan orang ditempatmu tinggal sekarang dan lupakanlah segala macam tetek bengek kehidupan yang rumit sehingga kamu bisa menikmati hidupmu ditempat yang baru. Seperti misalnya kalau di Jakarta, ritual memandikan dedek sangatlah rumit dari menyiapkan air panas, bak mandi, alas mandi dan lain-lain, disini cukup puter keran atur hangatnya air, taruh sikecil di bath tub dan kemudian mandi dengan bermain-main air pancuran ditemani bebek-bebek karet yang lucu🙂

Secara kualitas hidup, disini jauh lebih nyaman daripada di Jakarta yang sudah mulai sumpek dan banyak polusi. Tapi bagi orang-orang yang suka dengan keramaian mungkin akan merasa bosan. Saat kami datang, disini sedang musim panas. Kemaren panas sempat mencapai suhu diatas 40 derajat. Hmm…panasnya ampun deh, kami harus menyalakan AC sepanjang hari. Lucunya kalau malam udara dingin. Tapi beberapa hari ini udara mulai mendingin sehingga gak perlu pake AC lagi, tidak seperti di jakarta yang hampir sepanjang hari, setiap hari harus pake AC dirumah. Disini mal dan pertokoan tutup pada jam 7 malam kecuali hari kamis yang tutup pada jam 9 malam. Dan hari minggu hampir semua mal dan pertokoan tutup, hanya sebagian kecil saja yang membuka tokonya.

Yang menyenangkan lagi, didekat rumah ada taman dan ada tempat bermain bagi anak-anak. Sayangnya sampai hari ini aku belum melihat ada anak kecil selain anakku yang bermain-main disitu. Padahal lumayan ada perosotan,jungkat jungkit dan pasir disitu. Satu hal yang mengagetkanku juga adalah disini kasir dipertokoan sangat friendly, setiap kali kita akan membayar mereka selalu menyapa kita dengan :”how are you?” …..hmmm sepertinya betul sekali bahwa bukan di indonesia saja yang orangnya ramah-ramah, tapi dibenua lain pun seperti itu. Bahkan dimanapun barangku ketinggalan ataupun jatuh, mereka peduli dan selalu mengejarku lalu memberikan barang itu. Untuk ibu menyusui pun disini sangat friendly sekali. Kami disediakan suatu ruangan yang disebut dengan parent room. Disitu ada tempat mengganti popok, toilet khusus ibu dan anak kecil, tempat bermain anak dan bilik khusus menyusui yang ditutup dengan tirai. Aku pernah melihat nursery room dibeberapa mal baru di jakarta tapi aku belum pernah masuk dan melihat senyaman apakah ruangan tersebut. Untuk anak-anak, hampir disetiap taman disediakan arena bermain anak-anak. Orang-orang disini senang menghabiskan waktu mereka bersama keluarga ditaman sambil duduk-duduk ditepi swan river. Satu lagi yang berbeda, disini jarang terdapat gedung-gedung pencakar langit. Rata-rata pertokoan disini kalau ngga satu ya dua lantai saja. Satu manfaat lagi tinggal disini adalah aku jadi bisa memasak hahaha….. satu hal yang jarang aku lakukan di jakarta.

So far for me, living here was so comfortable. Awal bulan depan, kakak Dino Ben10 akan mulai sekolah, wah sudah tidak sabar untuk melihatnya ke sekolah dengan pakaian seragam dan tas sekolahnya. Pasti akan mulai suatu kehebohan baru, karena si dedek juga sudah mulai full makan, jadi harus membawa makanan adek sembari nungguin kakak sekolah. Semoga kakak cepet bisa ditinggal sendiri disekolah, jadi aku tinggal antar dan jemput saja. Semoga semua membawa hikmah yang baik bagi semua orang.

~ oleh Wulan pada Januari 23, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: