Bagaimana Menulis dengan Baik

Seringkali aku berpikir “kok bisa ya orang-orang itu menulis sebuah buku, novel, artikel dan lain sebagainya”. Dapat idenya darimana sih? Terus harus mulai menulis darimana? Akhirnya mencoba untuk melihat dan mengintip kesana dan kesini, ada beberapa tips yang kurasa cukup bagus bagi seorang pemula untuk memulai memberanikan diri untuk menulis. Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam proses menulis:

1.Buat Rencana
Sebelum memulai suatu tulisan, pastikan anda sudah mempunyai ide mengenai subjek ataupun hal apa yang akan anda tulis. Buatlah garis besar tulisan anda, bisa dalam bentuk daftar isi yang memuat keseluruhan isi dari tulisan yang akan anda tulis. Kemudian kalau perlu buatlah juga jadwal untuk menulis dan deadline tulisan anda kalau perlu untuk lebih menambah semangat anda untuk menyelesaikan tulisan yang sudah anda mulai.

2.Pikirkan dan Cari Referensi
Luangkan waktu untuk berfikir, mengobservasi dan mencari referensi yang cukup sehingga anda benar-benar memahami apa yang anda tulis dan bisa meyakinkan para pembaca mengenai hal yang anda tulis sebelum anda mulai menulis.

3.Tuangkan dalam Tulisan
Ketika anda sudah siap dengan ide dan garis besarnya, maka mulailah tuangkan hal tersebut kedalam tulisan. Mulailah duduk didepan komputer anda dan menuangkan semua ide dan imaginasi anda kedalamnya. Biarkan semua ide itu berkembang, tak perlu dulu memperhatikan pemilihan kata yang tepat atau tidak.

4.Baca Kembali
Jika sudah selesai dengan tulisan anda, cobalah untuk membaca kembali dari awal hingga akhir. Jika ada kata-kata yang kurang tepat disinilah waktunya untuk memperbaiki susunan, struktur dan alur tulisan anda. Jika masih kurang puas juga dengan tulisan anda, dan anda sudah merasa lelah. Beristirahatlah! Tenangkan pikiran anda, dan jika sudah merasa segar kembali dan bisa berpikir dengan jernih maka cobalah lagi untuk membaca dari awal dan lihatlah dengan lebih detail tulisan yang sudah anda buat. Perbaiki ejaan, tanda baca dan tata bahasa yang salah. Anda bisa menggunakan kamus, ensiklopedi ataupun alat bantu lainnya untuk memperbaiki tulisan anda sehingga menjadi lebih baik. Baca, edit dan ulangi seperlunya.

5.Berikan pada Orang Lain
Setelah yakin dengan tulisan anda. Bisa anda berikan kepada orang-orang disekitar anda yang bisa anda percaya untuk memberikan penilaian dan perbaikan terhadap hal yang sudah anda tulis. Terbukalah untuk saran-saran demi perbaikan tulisan anda.

~ oleh Wulan pada November 19, 2009.

Satu Tanggapan to “Bagaimana Menulis dengan Baik”

  1. […] DARI https://wistara.wordpress.com/2009/11/19/bagaimana-menulis-dengan-baik/ « baca cerita […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: