Mitos Seputar Kehamilan dan Menyusui

  1. Ibu Hamil dan Menyusui dilarang Makan Makanan Pedas

Katanya sih nanti anaknya bisa jarang rambutnya dan ada juga yang bilang ntar bayinya rambutnya keriting lho. Tapi dari pengalaman 2 anakku sih semua baik-baik saja. Yang jelas kalau makanannya terlalu pedas bisa menyebabkan sakit perut atau mual pada si ibu. Jadi diharapkan jangan makan pedas yang terlalu berlebihan.

2. Ibu Hamil dilarang Makan Nanas dan Durian

Katanya bisa menyebabkan keguguran. Padahal nanas kaya akan vitamin C dan serat yang dibutuhkan selama kehamilan. Karena pada ibu hamil seringkali muncul masalah sembelit dikarenakan meningkatnya hormon-hormon tertentu seperti progesteron. Makanya dibutuhkan mengkonsumsi serat yang lebih banyak selama masa kehamilan.

3. Ibu Hamil dilarang Makan Daging Kambing

Lagi-lagi katanya bisa menyebabkan keguguran. Ibu hamil boleh saja makan daging kambing asalkan porsinya tidak berlebihan. Dan menurut pengalaman saya lagi, hal ini tidak ada masalah.

4. Ibu Hamil dan Menyusui dilarang Minum Es

Hal ini dipercayai membuat bayinya berukuran besar. Selama hanya minum air es tanpa ditambahi dengan gula, sirup ataupun makanan manis lainnya maka hal ini tidak akan membuat bayi berukuran besar. Karena yang membuat besar sebenarnya adalah asupan karbohidrat yang terdapat dalam gula ataupun makanan manis. Dan ukuran bayi juga dipengaruhi oleh genetis kedua orang tuanya.

5. Bentuk Perut yang Bulat Menandakan Bayinya Perempuan

Bentuk perut sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi fisik dan genetis si ibu. Apalagi pada kehamilan pertama otot-otot perut si ibu cenderung masih kuat dan kencang sehingga perut cenderung berbentuk bulat. Sehingga sebenarnya bentuk perut tidak mempengaruhi jenis kelamin si bayi. Saya pun dua kali hamil dengan perut yang bulat tapi semua anak saya laki-laki 329

Beberapa link yang juga menjelaskan tentang mitos-mitos selama kehamilan dapat dilihat disini dan disitu

~ oleh Wulan pada Oktober 11, 2009.

2 Tanggapan to “Mitos Seputar Kehamilan dan Menyusui”

  1. Apakah jika ibu menyusui anak qt bs flu?

    • maksud mbak yang batuk ibunya pada saat sedang menyusui? kl itu maksudnya ya bisa saja mbak, jadi kalo bisa saat menyusui si ibu yang sedang batuk pake masker supaya si adek gak ketularan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: