Inisiasi Menyusu Dini

PIC-1530Akhirnya penantianku berakhir juga.  5 Agustus 2009, jam 1 dinihari aku dan sikakung  jalan ke hermina Jatinegara karena perutku sudah mules-mules dan mengeluarkan flek merah. Sampai dirumah sakit, langsung baring-baring di kamar bersalin sambil melakukan pemeriksaan standar sembari suster menelpon dokter kandunganku. Akhirnya jam 3 pagi aku dapat kepastian bahwa aku harus melalui proses sesar kembali dikarenakan posisi kepala janin yang masih tengadah (oksiput post) dan resiko robek jahitan yang lama dikarenakan berat bayi yang lebih besar dari sikakak. Jam 6.30 pagi, sesuai dengan perjanjian, proses operasi dilakukan (telat setengah jam dari perjanjian jam 6.00 karena dokter asistennya telat nyampe). Setelah si kecil dikeluarkan dokter kembali menanyakan apakah jadi mau ikutin proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini), aku OK-in dong karena ini proses yang sudah aku nanti-nantikan demi kesuksesan menyusui si kecil, walaupun si kakak dulu tak pake IMD tapi udah gape juga🙂 Cuma kan kalau memang bisa lebih baik kenapa tidak? Setelah sikecil diciumkan kepadaku sebanyak 2x kemudian dia diletakkan didadaku dan dibiarkan untuk mencari puting susu siibu. Proses ini benar-benar mengagumkan dan menyenangkan, saat merasakan sikecil berada didekapan. Dia berusaha mencari puting susu ibunya, awal-awalnya memang seperti kebingungan, tapi perlahan dengan bantuan suster dan orang-orang disekitarku dia mendekati puting dan akhirnya berhasil juga menyusu ke ibunya. Walaupun di hermina prosesnya tidak benar-benar seperti yang divideo Unicef dan di Carolus tapi it’s fine, sikecil berhasil menyusu juga, setelah itu dia dibawa keruang bayi untuk dihangatkan. Dan aku juga melaksanakan room in method, dimana sikecil berada satu ruangan denganku seharian, sehingga kapanpun dia mau menyusu, aku bisa langsung melakukannya.

That’s my baby boy, welcome to the real world. Hope you can find your own way, be a strong and smart guy. My Niscala Dzaky Sucipto.

~ oleh Wulan pada Agustus 20, 2009.

4 Tanggapan to “Inisiasi Menyusu Dini”

  1. mbak selamat ya😀

    tak kirain tadi cewek, abis imut2 apalagi bajunya renda2 putih hihihi.. namanya bagus sekali🙂

    • Thanks Just🙂 mungkin karena awalnya mama wulan pengen anak ce🙂 sampe bawaannya dandan mulu🙂 jadi banyak orang yang kira itu anak ce🙂 tapi setelah tau co ya berubah jadi maskulin deh hihihihi……… eh setelah lahir juga banyak yang ngira itu ce xixixi…..kalo bajunya, itu seragam rumah sakit jadi ya gitu deh🙂

  2. selamat mba…kehilangan kontak..baru ingat mba jadwalnya lahiran bulan2 kemaren..selamat ya mba….
    kayaknya habis ganti nmr ya mba??

  3. Thanks ya Dek, iya aku dah ganti nomer, emang belum punya nomer baruku ya?aku pake 3, klo belum punya ntar aku sms deh

Tinggalkan Balasan

 
