Masa – masa Penantianku

Udah masuk minggu ke-37 nih, nanti sore ke dokter lagi. Hari ini menentukan proses kelahiran si dedek, apakah bisa dicoba melalui proses kelahiran normal ataukah harus lewat jalan tol lagi. Aku sih berharap bisa melalui persalinan normal saja, selain biayanya ringan, pemulihannya pun cepat dan si kakak gak perlu nunggu ibunya di RS lama-lama. Kemarin beli susu ibu hamil, sengaja milih yang dapat hadiah🙂 Hadiahnya CD musik-musik klasik. Dan seperti biasa kalau ketemu ama si kakak, barang-barang pasti diacak-acak, tempat cd sudah berantakan, covernya kemana-mana tapi aku jadi secara tidak sengaja menemukan tulisan mengenai inisiasi menyusu dini (terima kasih kakak, ibu jadi aware dengan urusan yang satu ini). Sebelumnya sih udah tau, dan udah dengar dari kakak yang melahirkan bulan april kemaren di RS. Carolus. Walaupun dengan proses operasi tapi tetap bisa melakukan imd lho. It’s amazing for me begitu melihat-lihat video imd dan membaca pengalaman Tiara Lestari melakukan imd, hal ini semakin menguatkan niatku untuk melakukan imd juga, walaupun dengan si kakak dulu aku tetap berhasil menyusui kakak dengan baik tapi melihat dan membaca imd membuatku makin mantap untuk melakukan yang lebih baik lagi untuk si dedek. Bulan-bulan kemaren juga sudah konsultasi dengan dokterku mengenai imd ini. Dan rupanya dia juga mendukung penuh imd dan pemberian ASI ekslusif sehingga dia menjamin kalau dengan dia, aku bisa melakukan imd. Semoga semua pihak bisa membantuku untuk sukses melakukan imd, walaupun si bapak jauh di seberang sana aku berharap pihak keluarga yang lain pun bisa mendukung niatku ini (sedikit ketakutan imd tak berhasil karena perlu dukungan penuh dari berbagai pihak).

Beberapa  manfaat IMD yang aku ambil dari sini :

1. Kehangatan dada ibu dapat menghangatkan bayi, sehingga apabila bayi diletakan di dada ibunya segera setelah melahirkan dapat menurunkan resiko Hypothermia dan menurunkan kematian akibat kedinginan.

2. Getaran cinta, andaikan anda dipeluk oleh suami anda akan merasakan ketenangan, merasa dilindungi dan kuat secara psikis. begitu juga dengan bayi, saat bayi diletakan di dada ibu, bayi akan lebih tenang dan mengurangi stress, maka pernafasan dan detak jantungnya pun lebih stabil.

3. Bayi tercemar lebih dahulu bakteri ibu yang TIDAK BERBAHAYA atau ada antinya di ASI ibu. sehingga Bakteri baik membuat koloni di usu dan kulit bayi dan dapat menyaingi bakteri yang lebih ganas di lingkungan luar.

4. Tidak ada yang meragukan kolostrum, cairan emas yang kaya akan antibodi dan at penting untuk pertumbuhan usus dan ketahanan terhadap infeksi yang sangat dibutuhkan bayi demi kelangsungan hidupnya. saat bayi dapat menyusu segera setelah lahir, maka dia akan mendapatkan kolostrum itu, dan tidak tergantikan formula lain. karena ternyata ada beberapa ibu yang memberikan susu formula setelah melahirkan, ini akan menggantikan cairan emas itu yang sangat dibutuhkan bayi.

5. Pemberian makanan Awal selain ASI (susu hewan) yang mengandung bukan protein susu manusia dapat sangat mengganggu pertumbuhan fungsi usus.

6. Bayi yang diberikan kesempata menusu dini akan mempunyai kesempatan lebih berhasil menyusu eksklusif dan mempertahankan menyusu dari pada yang menunda menyusu dini.

7. Lalu, sentuhan, kuluman/emutan dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang Oksitosin yang penting agar :
a. Menyebabkan rahim kontraksi yang membantu pengeluaran plasenta dan mengurangi pendarahan.
b. Merangsang hormon lain, yang membuat ibu menjadi tenang, rileks dan mencintai bayinya.
c. Merangsang pengaliran ASI dari payudara.

8. Ibu dan ayah akan sangat bahagia bertemu dengan bayinya pertama kali seperti ini. bagi seorang muslim bahkan dapat meng-Adzankan sang buah hati di dada ibunya, satu keluarga yang harmonis sekali, dimana ayah, ibu dan anak bersatu dalam satu rasa, yaitu cinta.

Dibawah ini ada juga beberapa link bagus mengenai imd:

Surabaya e-Health

Selasi

~ oleh Wulan pada Juli 16, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: