Bagaimana Memilih Sekolah yang Baik?

Hal ini adalah masalah yang paling membingungkan orang tua di jaman sekarang. Bagi kami sebagai orang tua yang mempunyai 1 anak, tentunya ingin memilihkan yang terbaik untuk si kecil. Tapi sekarang ini memilihkan sekolah yang baik sangat membingungkan. Parameter-parameter seperti apakah yang bisa dijadikan acuan untuk menentukan bahwa sekolah tersebut baik dan memiliki kurikulum yang sesuai dengan kurikulum yang ada di diknas. Terutama sekali dengan menyeruaknya isu-isu mengenai ujian nasional yang sangat sulit untuk ditembus, bahkan konon kabarnya dalam 1 sekolah bisa jadi hanya 2-3 anak saja yang bisa lulus. Artinya sebagian besar murid2 di sekolah tersebut tidak bisa melewati ujian nasional dengan baik. Padahal seperti yang saya ketahuin, passing grade untuk melewati ujian nasional itu tidaklah tinggi. dengan mendapatkan poin 4,5 saja kita seharusnya bisa lulus tes. Jadi sampai saat ini saya masih bingung dimanakah letak kesalahan dari peristiwa tersebut? apakah pihak diknas atau sekolah?

Apalagi saya pernah mendengar suatu sekolah mahal dengan disiplin yang ketat dimana pasti orang tuanya mengharapkan dengan membayar mahal mereka bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas tapi pada kenyataannya “TIDAK”. Karena saya dengar disana pada saat ujian nasional mereka diperbolehkan untuk mencontek demi untuk bisa lulus tes ujian nasional. Apakah kita tidak miris mendengarnya? Untuk apa diajarkan disiplin dan pelajaran yang menurut “mereka” BAIK tapi pada akhirnya anak-anak kita dihalalkan untuk mencontek. Apakah itu malah tidak akan merusak mental anak-anak tersebut?

Selain itu sekarang ada sekolah-sekolah percontohan yang mengarah menjadi sekolah berstandar nasional. Mengapa disebut disekolah berstandar nasional? Bukankah seharusnya semua sekolah berstandar nasional?Apakah kurikulum disetiap sekolah tidak sama?Apakah tidak mengacu pada kurikulum nasional?Apakah parameter-parameter sebuah sekolah dapat disebut sebagai sekolah berstandar nasional?

Karena sampai sekarang saya bingung harus menyekolahkan anak disekolah yang seperti apa?yang swasta mahal dengan klaim pendidikan yang berkualitas tapi kenyataannya tidak selalu begitu ataukah disekolah negeri saja?

Dimanakah saya bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas?

~ oleh Wulan pada Mei 26, 2008.

Satu Tanggapan to “Bagaimana Memilih Sekolah yang Baik?”

  1. SEKOLAH YANG BAIK TERLAHIR DARI GURU YANG TERBAIK…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: