Alternate IP Configuration

Dikantor aku menggunakan 2 koneksi internet dan intranet. setiap kali aku mau berpindah koneksi dari internet ke intranet ataupun sebaliknya, lagi-lagi aku harus mensettingnya secara manual. kebayangkan betapa ribetnya harus mengconfigure ip address berulangkali.

Akhirnya suamiku menyarankan untuk mencari software IP switching jadi bisa mengcapture profile dari setiap koneksi yang ada di komputerku. susahnya software untuk IP switching jarang ada yang free jadi pernah coba pake yang trial begitu masa berlakunya habis ya sudah softwarenya ga jalan lagi.

Beberapa bulan yang lalu aku diberitahu lagi bahwa ternyata dari windows XP sendiri sudah ada fasilitas untuk IP switching dengan menggunakan alternate configuration.

Untuk mensetting IP dengan menggunakan alternate configuration, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut, dari menu network connection –> klik Local Area Network –> pilih properties –> Internet Protocol (TCP/IP) –> properties. pada tab general saya setting saja dengan menggunakan automatically obtain IP address untuk masuk ke intranet sedangkan pada tab alternate configuration saya masukan IP yang lain yang digunakan untuk koneksi ke internet. Dan sejak saat itu saya tidak perlu mengconfigurasi IP komputer saya secara manual lagi. Tinggal ganti-ganti kabel koneksi saja maka secara otomatis komputer saya akan mencari IPnya sendiri.

~ oleh Wulan pada Januari 31, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: