Microsoft Office SharePoint Server (1)

 Apakah Microsoft Office SharePoint Server?  

Microsoft Office SharePoint Server 2007 adalah program server baru yang merupakan bagian dari Microsoft Office 2007. Organisasi anda dapat menggunakan Office SharePoint Server 2007 untuk memfasilitasi collaboration, provide content management features, implement business processes, dan supply access ke informasi yang essensial dengan tujuan dan proses organisasi.

Anda dapat dengan cepat membuat site SharePoint yang mendukung specific content publishing, content management, records management, ataupun kebutuhan business intelligence. Anda juga dapat melakukan pencarian yang efektif pada user, dokumen-dokumen dan data, berpartisipasi dalam membuat form dalam suatu business processes, dan mengakses dan menganalisa data yang berkapasitas besar.

Kemampuan Microsoft Office SharePoint Server 2007

Microsoft Office SharePoint Server 2007 menyediakan satu tempat yang terintegrasi dimana para pegawai dapat secara efisien berkolaborasi dengan anggota tim yang lain, mencari resources, pencarian para ahli dan informasi perusahaan, memanage content dan workflow, dan leverage business insight to make better-informed decisions.

Collaboration Memperkenankan tim untuk bekerja sama secara efektif, berkolaborasi dalam mempublikasikan suatu dokumen, memaintain tugas-tugas, mengimplementasikan workflow, dan berbagi informasi melalui penggunaan wiki dan blog.

Portals Membuat personal MySite portal untuk berbagi informasi dengan yang lain dan personalize the user experience and content of an enterprise Web site based on the user’s profile.

Enterprise Search Quickly and easily find people, expertise, and content in business applications.

Enterprise Content Management Membuat dan memanage dokumen, rekaman dan content Web.

Business Process and Forms Membuat workflow dan form elektronik untuk mengotomatisasikan dan streamline business processes.

Business Intelligence Memperkenankan orang-orang yang bekerja dengan informasi untuk mengakses informasi bisnis yang penting dengan mudah, menganalisa dan melihat data dan juga mempublikasikan report untuk menunjang pengambilan keputusan yang tepat dan akurat.

Integrasi dengan Microsoft Office 2007

Office SharePoint Server 2007 didesain untuk bekerja secara efektif dengan program, server dan teknologi yang lainnya yang dirilis bersamaan dengan Office 2007. Sebagai contoh,dengan Microsoft Office PowerPoint 2007, anda dapat membuat slide library pada site Office SharePoint Server 2007 yang memperkenankan user lain untuk mengambil slide-slide tertentu untuk keperluan presentasi mereka dan menerima notifikasi dan update versi ketika slide tersebut sudah dimodifikasi.

Produk dan Teknologi pada Microsoft SharePoint

Produk dan Teknologi pada SharePoint tersedia dalam skala enterprise untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis seperti memanage content dan business processes, simplifying bagaimana seseorang mencari dan membagi informasi melalui batas-batas tertentu dan memungkinkan adanya keputusan yang lebih baik. Dengan mengkombinasikan fitur collaboration dari Windows SharePoint Services dan Office SharePoint Server 2007, ditambah dengan desain dan kemampuan kustomisasi dari Office SharePoint Designer 2007, suatu organisasi dapat dimungkinkan untuk membuat, memanage dan secara mudah membangun site mereka sendiri, dan dimungkinkan pula untuk menjelajah kedalam site tersebut.

Hubungan antara Microsoft Office SharePoint Server 2007 dan Microsoft Windows SharePoint Services

Jika anda mendengar tentang Microsoft Windows SharePoint Services, anda mungkin akan bertanya-tanya tentang hubungannya dengan Office SharePoint Server 2007. Windows SharePoint Services adalah merupakan bagian yang terbundel dengan Microsoft Windows Server 2003.  Fitur ini membantu tim untuk saling terhubung dan lebih produktif dengan meyediakan akses yang mudah untuk mencari seseorang, document dan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat suatu keputusan yang tepat dan menyelesaikan pekerjaan mereka. Office SharePoint Server 2007 relies on the Windows SharePoint Services 3.0 technology yang menyediakan framework yang consistent dan user friendly untuk lists dan libraries, site administration, dan kustomisasi site. Fitur-fitur yang terdapat dalam Windows SharePoint Services 3.0 juga terdapat pada Office SharePoint Server 2007.

Bagaimanapun juga, Office SharePoint Server 2007 menawarkan peningkatan dan tambahan fitur yang tidak terdapat pada site Windows SharePoint Services. Sebagai contoh, Office SharePoint Server 2007 dan Windows SharePoint Services memuat template site untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan dan mengatur meeting. Berikut perbandingan antara SharePoint Services 3.0, Office SharePoint Server 2007 Standard edition, dan Office SharePoint Server 2007 Enterprise edition.

Capabilities

Windows SharePoint Services 3.0

Office SharePoint Server 2007 Standard Edition

Office SharePoint Server 2007 Enterprise Edition

Collaboration

X

X

X

Portals

 

X

X

Enterprise Search

 

X

X

Enterprise Content Management

 

X

X

Business Process and Forms

 

 

X

Business Intelligence

     

Iklan

~ oleh Wulan pada Desember 12, 2007.

8 Tanggapan to “Microsoft Office SharePoint Server (1)”

  1. mba’,,(duh,,bener gak yah manggilnya??hehe)

    saya masih belummengerti mengenai micrsft off share point..
    yang mau saya tanyakan, bagaimana cara kerjanya??,,
    apakah sama dengan software untuk workflow yg ada di pasaran seperti nintex ??

    trimakasih,,

  2. mengenai nintex terus terang saya ga tau tapi kalo dibilang software untuk workflow yupi it’s right.
    jadi share point itu berbentuk portal dimana memungkin kita bekerja bersama-sama dan membuat workflow untuk kerjaan kita tersebut. disitu kita juga bisa membuat blog, bisa sharing document secara langsung seperti sharing document di google document. dengan adanya workflow kita juga bisa tau sampai dimana kerjaan kita sudah difollow up. Untuk versi open source yang mirip dengan sharepoint yang saya tahu namanya pentaho. Gitu mbak sekilas tentang share point. kalau bingung pegangan ya mbak 😀 terus sebut nama saya 3 kali dan langsung kaboooorrrrrrr

  3. Mba, mw nanya untk mempelajari lebih lanjut, tau referensi buku tntng micr sharepoint portal..

    • Dear mas Irfan,
      untuk bukunya sih saya kurang tau, lebih banyak liat di helpnya aja 🙂 tapi coba search aja di google pasti banyak deh ato masuk aja ke sitenya Microsoft pasti banyak referensi tentang sharepoint.

  4. Dear All,

    Apakah Miscrosoft Office sharepoint bisa di install di computer biasa..??

  5. bisa kok, perhatikan aja specnya.

  6. Mba nirwasita,

    Uda lama ya menggunakan sharepoint, pake WSS/MOSS nie?

    Untuk buku Ebook banyak bgt.. saya punya ampe 20an ebook sharepoint… Cuman in english semua… hanya 1 ebook yg indo..

    @Henriy : komputer biasa tuh maksudnya kek gmn.. more specific please.. hehe…

  7. saya bingung harus memulai dari mana untuk mempelajari sharepont ?

    adakah referensi untuk saya belajar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: