Implementasi active directory dan MS Exchange Server 2003

Apakah Active Directory itu?Active Directory (AD) adalah implementasi dari LDAP directory services oleh Microsoft untuk digunakan pada lingkungan Windows. LDAP merupakan suatu software protocol yang memungkinkan seseorang untuk meletakan organisasi, individu dan resource lainnya seperti file dan device pada suatu jaringan baik itu di Internet ataupun intranet. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan sentralisasi sistem baik dari segi layanan authentication dan authorization untuk komputer-komputer yang berbasis windows. Active Directory juga memperkenankan administrator untuk mengassign policies, mendeploy software, dan mengaplikasikan critical updates ke suatu organisasi unit. Active Directory menyimpan information dan setting pada suatu database yang tersentralisasi. Jaringan Active Directory mempunyai range yang sangat luas, dari suatu lingkungan yang kecil dengan hanya beberapa ratus object sampai dengan lingkungan yang besar dengan instalasi yang melibatkan jutaan obyek. (diambil dari Wikipedia)Mengapa menggunakan Active Directory?Sebenarnya Active Directory sudah dikenal semenjak Windows 2000 Server  dan kemudian dikembangkan lebih jauh lagi pada Windows 2003 Server. Tetapi mengapa baru sekarang perusahaan kami melakukan migrasi ke Windows 2003 Server adalah karena kebijaksanaan dari Kantor Pusat di Perancis yang baru memberikan lampu hijau untuk melakukan migrasi pada tahun ini. Alasan utamanya adalah karena Windows NT sudah tidak akan disupport lagi oleh pihak Microsoft. Selain itu ada beberapa alasan lain yang menyebabkan kami melakukan migrasi, sebagai berikut:

1.      Peningkatan Kinerja

Dengan adanya redundansi dan fault tolerance ketika dua ataupun lebih domain controllers yang di deploy dalam suatu domain akan meningkatkan kinerja sistem. Active directory secara otomatis akan mengatur komunikasi antar domain  controller tersebut untuk meyakinkan adanya jaringan yang viable.

2.      Mempermudah Kontrol

Dengan sistem yang tersentralisasi mempermudah seorang administrator melakukan kontrol dan troubleshooting pada komputer user.

3.      Keamanan

Dengan menggunakan active directory dapat meningkatkan keamanan sistem dimana user dapat mengakses semua resource dan network dengan menggunakan single sign-on. 

(to be continued)  

 

~ oleh Wulan pada Desember 8, 2007.

2 Tanggapan to “Implementasi active directory dan MS Exchange Server 2003”

  1. I LOVE YOU MU…………ACH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Thank u, anyway it’s a spam??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: