Kandungan Gizi Nanas

Kenapa aku jadi terpikir untuk mencari info mengenai nanas dan kandungan gizi didalamnya? Karena kemaren-kemaren waktu aku lagi asik makan nanas dikantor, eh ada temen yang nyeletuk, hamil-hamil kok makan nanas? gak bagus lho katanya berkomentar begitu. Terus aku bilang aja kalo aku sih udah biasa makan nanas dari hamil muda malah and so far sih kandungan dan bayiku masih baik-baik saja. Soalnya aku merasa tidak ada larangan untuk memakan nanas baik dari dokter ataupun dari sumber lainnya. Setelah aku kasih tau seperti itu, temenku itu masih ngeyel mengatakan kalo nanas itukan gak ada manfaatnya. Wah aku sih rada sebel, berarti dia menganggap aku makan sembarangan nih padahal lagi hamil (MODE SEBEL ON) hehehe……

Tapi beberapa hari yang lalu aku ngobrol dengan temen yang lain dan dia bilang kalo nanas itu kandungan vitamin C nya tinggi lho, jadi ya bagus-bagus aja kok makan nanas, prinsip kami berdua sih yang penting makan jangan kebanyakan, karena kalo makan kebanyakan, nanti ibunya sakit perut, trs harus minum obat deh dan itu kan kurang baik buat dedek kecil diperut ibu.

Setelah itu seperti biasa kalo ada hal yang simpang siur aku (dan seperti orang-orang lain juga) akan berusaha mencari info mengenai hal yang simpang siur ini.  Dan seperti biasa juga aku langsung pergi ke mbah google untuk mencari infonya. Akhirnya ketemu juga beberapa info mengenai si nanas ini. Ternyata lagi emang belum banyak orang yang menyadari manfaat si nanas ini lho. Padahal nanas itu banyak manfaatnya dan mengandung beberapa nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Jadi selain karena kelezatannya, nanas itu juga ada manfaatnya kok. Berikut beberapa manfaat dari nanas: Riset terkini menunjukkan nanas sarat dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stres (diambil dari sini).

Untuk kandungan gizinya :

Kandungan gizi buah Nanas segar (dalam 100 gram bahan)

Kandungan Gizi Jumlah
1 Kalori 52 kal
2 Protein 0,40 g
3 Lemak 0,20 g
4 Karbohidrat 16 g
5 Fosfor 11 mg
6 Zat Besi 0,30 mg
7 Vitamin A 130 SI
8 Vitamin B1 0.08 mg
9 Vitamin C 24 mg
10 Air 85,3 g
11 Bagian dapat dimakan 53%

(Sumber : Buletin Teknopro Hortikultura Edisi 71 Juli 204. Manfaat Nanas Bagi   Kesehatan)

Pineapple, raw, traditional varieties (1)

Refuse: 42%  (8% core, 13% crown, 22% parings)
Scientific Name: Ananas comosus
NDB No: 09429 (Nutrient values and weights are for edible portion)

Nutrient Units Value per
100 grams
Number
of Data
Points
Std.
Error
Proximates
Water
g
87.24
11
2.46
Energy
kcal
45
0
0
Energy
kJ
190
0
0
Protein
g
0.55
11
0.045
Total lipid (fat)
g
0.13
11
0.033
Ash
g
0.27
11
0.049
Carbohydrate, by difference
g
11.82
0
0
Sugars, total
g
8.29
3
0.932
Sucrose
g
4.59
3
0.729
Glucose (dextrose)
g
1.76
3
0.227
Fructose
g
1.94
3
0.325
Lactose
g
0.00
3
0
Maltose
g
0.00
3
0
Galactose
g
0.00
3
0
Minerals
Calcium, Ca
mg
13
11
1.723
Iron, Fe
mg
0.25
12
0.063
Magnesium, Mg
mg
12
12
1.63
Phosphorus, P
mg
9
11
2.849
Potassium, K
mg
125
12
18.777
Sodium, Na
mg
1
0
0
Zinc, Zn
mg
0.08
11
0.008
Copper, Cu
mg
0.081
12
0.013
Manganese, Mn
mg
1.593
12
0.473
Selenium, Se
mcg
0.0
2
0
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid
mg
16.9
11
2.464
Thiamin
mg
0.078
10
0.002
Riboflavin
mg
0.029
10
0.016
Niacin
mg
0.470
6
0.283
Pantothenic acid
mg
0.193
10
0.032
Vitamin B-6
mg
0.106
10
0.003
Folate, total
mcg
11
10
2.313
Folate, food
mcg
11
10
2.313
Choline, total
mg
5.6
0
0
Betaine
mg
0.1
1
0
Vitamin A, RAE
mcg_RAE
3
10
0.312
Carotene, beta
mcg
31
10
3.75
Carotene, alpha
mcg
0
2
0
Cryptoxanthin, beta
mcg
0
2
0
Vitamin A, IU
IU
52
10
6.25
Lycopene
mcg
0
2
0
Lutein + zeaxanthin
mcg
0
2
0
Vitamin K (phylloquinone)
mcg
0.7
2
0
Lipids


Footnotes:
1 Values based on Champaka and Smoothe Cayenne varieties.

USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 21 (2008)

Sumber diatas diambil dari sini

Selain untuk manfaat kesehatan nanas juga mempunyai manfaat lain lho seperti daging buahnya bisa untuk mengkilatkan bahan kuningan dan air nanas  juga bisa sebagai pengempuk daging. Jadi buat ibu-ibu yang suka memasak silahkan dicoba mengempukan daging dengan menggunakan air nanas.

Jadi buat ibu-ibu hamil lainnya jangan takut makan nanas, selama kondisi kita sehat dan tak ada masalah. Saya sih tidak tahu apakah nanas bisa menyebabkan keguguran itu hanya merupakan mitos ato tidak tapi mungkin semua tergantung dari kondisi kita masing-masing dan sekali lagi jangan makan apapun dengan porsi yang terlalu banyak, karena sesuatu yang kebanyakan itupun kurang baik bagi kita.

Have a nice weekend!

About these ads

~ oleh Wulan pada April 3, 2009.

22 Tanggapan to “Kandungan Gizi Nanas”

  1. wow banyak juga manfaat makan Nanas ya…
    tapi ya ada bahaya nanas, jangan dimakan dengan kulitnya, ntar keselek :D

  2. iya ya, jangan-jangan anaknya juga ikut keselek kalo ibunya makan nanas dengan kulitnya :D kan tambah berbahaya tuh :D

  3. “…Saya sih tidak tahu apakah nanas bisa menyebabkan keguguran itu hanya merupakan mitos ato tidak…” <= itu dia mba, nanas bisa bikin gugur kandungan itu mitos/fakta? ada penelitian ga soal itu? dan meski banyak mengandung zat2 penting, takutnya ada dari zat2 itu yg malah berbahaya buat ibu hamil.

    kalau menurut analisa ngawurku nih, klo nanas bisa mengempukkan daging, ntar takutnya daging dedek kecil jd ikutan empuk jg. duuuh… gak mau dong… (hehehe, gak ilmiah banget ya… :D)

    tp emang bener, makan apa aja ga boleh banyak2, baik lagi hamil mauapun ga hamil :)

  4. Alhamdulillah…ternyata makan nanas untuk ibu2 hamil gak jadi masalah selama tak berlebihan..soalnya pernah makan seh gak banyak,kat orang2 katanya nanas itu panas!!maksudnya mungkin kalo makan nanan jabang bayinya bisa kepanasan ghitu…syukur kalo emang ternyata nanas banyak kandungan gizinya…

  5. Ya betul sebaiknya jangan makan terlalu banyak dan lihat juga sejarah kehamilannya, jika memang ada sejarah kandungan lemah mungkin sebaiknya menghindari makanan2 yang katanya beresiko seperti nanas, durian dan kambing dan temen2nya :D Juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kalo saya sih kebetulan memang bebal jadi makan apa aja gak ada masalah. So far so good :D

  6. thanks mb infonya, sangat bermanfaat bg kami.

  7. kandungan nanas yang berbahaya bagi ibu hamil itu pa?????

  8. apakah makan nanas bikin miss V becek yach…..???????

  9. mau buat skripsi tentang nanas. doain yoo

  10. Buah nanas klo dibuat jus juga bisa menurukan deman, anak saya klo sakit sering saya buatkan jus wortel + nanas, yang penting semua dalam batas normal, tidak kebanyakan.

  11. di daerahku nanas itu makanan tabu yg paling dilarang untuk ibu hamil… tapi susah neranginnya ke masyarakat kalo nanas itu punya kandungan gizi yang tinggi…
    tradisi mengakar pada budaya mereka.

  12. Katanya nanas bagus buat yg wasiran kyk gue ni, trus gue coba mkn nanas eh ternyata betul jg tuh, wasir gue yg udh stadium 4 disuruh operasi sekarang mandingan gak terlalu sakit kl abis bab dan ternyata ade gue kan jg sama wasiran nih, dia sih gak tau manfaat nanas tp udh hampir setahun wasirnya ga pernah kumat alias berdarah, dan dia baru tau kl nanas bagus bt wasir tuh dr gue, yah yg wasiran coba deh tiap hr mkn nanas…

  13. thank biza unt referens tinpussss..=)

  14. nanas mak nyuuussss…ckckck

  15. iya nie aq jg bgg, pgn makan nanas pdhl skr lg hml anak pertama n nunggunya lm, jd mau makan ini itu msti lht ke mbah google dlu, setauku nanas gpp bt dikonsumsi ibu hml asal jng brlebihan n nanasnya jg hrs matang, tp kata org ga blh kl lg hml makan nanas huuufftt….kan jd BT+bingung jadinya, yg bnr yg mana dunk??? rencana bsk kl kontrol k RS mau tnya2 sm dokter biar lbh plooonnngg…

  16. saya baca nanas itu punya sifat menggugurkan,,infonya diambil dari ini
    Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
    memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
    meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
    menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Sederhana bukan?

  17. Biasanya larangan orang2 dulu itu bukan hanya mitos krn meskipun kelihatannya kurang ilmiah tp banyak terbuktinya ko,tinggal para ahli aja yg sekarang meneliti kandungan2nya kenapa sampai ada larangan org hamil gk blh makan nanas.apalagi nanas punya sifat bisa bikin empuk daging,pastinya kan ada zat tertentu yg memang gk blh buat ibu hamil.spt jg cocacola dan minuman bersoda yg bisa buat pembersih karat dan darah.selagi msh banyak buah yang lain kenapa mesti ambil resiko dengan mkn nanas.dan bersumber dari kearifan lokal tentunya akan menambah khasanah keilmuan. Ayo para peneliti jangan remehkan ilmu dari pendahulu yg tersebar dari pinutur

  18. bagus juga nie buat bhan skripsi

  19. Klo aq c pernah cek ke bidan, Trus bu bidan’y blg klo dh masuk usia kandungan 8bln, rajin mkn nanas madu subang yg mateng n manis itu,, katanya bagus biar bayinya bersih n kulitnya putih, dya blg “tuh anak2 saya 3org smuanya pas lahir pada bersih n putih2 kulitnya”.. Wew.. Saya rada ngeri tp stlh saya tau trnyta selain vit c nya tinggi, nanas jg anti radang, jd nanas bsa memperbaiki jaringan2 ddlm tubuh yg rusak atw luka.. Jd ga takut lg deh makan buah nanas madu yg maniiiss itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: