Adenoid pada Matahari kecilku

Pada awalnya aku tidak begitu ngeh dengan kondisi pernapasan si kecil yang agak-agak kesulitan bernapas melalui mulut. Hingga akhir-akhir ini adik iparku mengeluhkan hal yang sama dengan yang dikeluhkan ibu mertuaku dimana si kecil kok kalo makan seperti orang habis menyelam. Dan malam-malam pun waktu dia nyenyak tertidur kadang di terbangun untuk mencari posisi tidur yang lebih nyaman seperti miring ataupun tengkurap. Yang aku rasakan memang anakku jika bernapas terdengar nyaring sekali sampai kedengaran dikamarku, sementara dia tidur dikamarnya yang terletak bersebelahan dengan kamarku. Akhirnya sekalian dengan jadwal imunisasinya aku ajak dia ke dokter anak yang sudah menanganinya sejak dia baru lahir.

Di dokter anak kami berkonsultasi masalah napasnya tersebut, kemudian pak dokter memeriksa keadaan mulut anakku. Dan terlihat bahwa amandelnya berukuran terlalu besar sehingga setelah berdiskusi beberapa lama, pak dokter anak menganjurkan kami untuk berkonsultasi ke dokter spesialis THT. Dari dokter anak, pergilah kami ke dokter THT di daerah Salemba. Setelah kami berhasil menemui dokter THT, kembali si kecil diperiksa dan ternyata ditemukan fakta bahwa bukan Cuma amandelnya saja yang besar tetapi adenoidnya juga berukuran terlalu besar sehingga menyumbat jalan napas melalui hidung. Itulah sebabnya mengapa anakku agak kesulitan bernapas melalui hidung. Oleh dokter, diberikan pengobatan terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana keadaan tersebut bisa diperbaiki, apakah bisa menggunakan obat atau harus dilakukan tindakan operasi. Akhirnya setelah dilakukan pengobatan selama 1 minggu, kemudian anakku dirujuk untuk melakukan rontgen. Setelah hasil rontgennya keluar, kami kembali konsultasi ke dokter tersebut. Dan hasilnya adalah anakku harus menjalani operasi untuk memperkecil adenoid dan amandelnya. Untuk amandel akan dilihat terlebih dahulu keadaannya pada saat operasi nanti, jika kondisinya tidak bagus maka akan diangkat seluruhnya tapi jika masih bersih maka hanya akan dikecilkan saja.

Sebenarnya apa sih yang dinamakan adenoid itu?

Adenoids adalah suatu kelenjar yang sejenis dengan amandel yang melindungi anak-anak dari serangan penyakit. Jadi adenoid mempunyai fungsi yang mirip dengan amandel. Terletak dibelakang hidung dan di langit-langit mulut. Untuk melihatnya tidak semudah kita melihat amandel, seorang dokter membutuhkan cermin kecil atau sekup kecil khusus untuk mengintip adenoid.

Seperti halnya amandel, adenoid akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara menangkap bakteri-bakteri dan virus-virus berbahaya yang masuk melalui udara. Adenoid juga mengandung sel-sel yang membuat antibody untuk melawan infeksi. Adenoid berperan penting sebagai pelawan infeksi pada bayi dan anak-anak. Tapi kemudian menjadi berkurang perannya pada saat anak-anak tersebut bertumbuh besar dan tubuhnya mulai membentuk antibodi untuk melawan bibit-bibit penyakit.

Beberapa dokter percaya bahwa adenoid tidaklah begitu penting setelah anak-anak mencapai usia 3 tahun. Kenyataannya adenoid akan mulai mengecil diusia 5 tahun bahkan bisa hilang sama sekali.

Kapan adenoid perlu diperhatikan?

Adenoid yang membesar adalah hal yang biasa. Ketika hal ini terjadi, amandel juga biasanya membesar. Adenoid yang membesar atau terinfeksi dapat membuat anak-anak susah bernafas dan menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

  • Hidung tersumbat, sehingga anak-anak hanya bisa bernapas lewat mulut.
  • Mengorok dan tidur tidak nyenyak dimalam hari
  • Tenggorokan sakit dan masalah pada pernapasan
  • Kelenjar di leher membengkak

· Masalah pada telinga

Jika terlihat gejala-gejala seperti tersebut diatas pada anak anda sebaiknya lekaslah berkonsultasi pada dokter ahli THT.

Apa tindakan dokter?

Pada kasus anak saya, Dokter memeriksa bagian leher, amandel dan sekitarnya. Begitu dia melihat ukuran tonsil(amandel) dan adenoid anakku yang tidak normal maka dia menyarankan untuk dilakukan pengobatan terlebih dahulu sebelum ditentukan apakah harus dilakukan operasi atau tidak. Setelah pengobatan, dilakukan foto rontgen untuk melihat keadaannya dengan lebih jelas dan detail serta untuk melihat apakah ada kemungkinan yang lain yang menyebabkan anakku tidak bisa bernapas melalui hidung dengan baik.

Setelah melalui langkah-langkah pendahuluan dan percobaan pengobatan dengan menggunakan obat minum dan semprot nasal. Akhirnya dokter menyarankan untuk mengambil adenoidnya. Operasi pengambilan atau pengecilan amandel disebut dengan tonsilektomi sedangkan operasi pengambilan adenoid disebut dengan adenoidektomi. Proses operasi mengambil waktu sekitar 10-15 menit saja. Dan pemulihannya sekitar 3 hari. Setelah itu anakku sudah bisa makan dengan normal.

Berikut aku sertakan foto sikecil sesaat sebelum operasi.

Berikut juga ada link bagus yang related dengan tulisan ini:

http://www.parentsguide.co.id/dsp_content.php?kat=3&pg=hns&emonth=08&eyear=2006

About these ads

~ oleh Wulan pada Juli 7, 2008.

109 Tanggapan to “Adenoid pada Matahari kecilku”

  1. Terima kasih untuk informasinya…
    Bener2 belum pernah dengar tentang Adenoid, kalo amandel alias tonsil sudah pernah mengalaminya sendiri. Taunya adenosin tri phospat yang berhubungan dengan pelajaran sel waktu SMA. :)

    Lalu apa penyebab pembengkakannya? Terlalu banyak infeksi virus?

  2. Untuk kasus pada anakku ini sih bukan disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri dan sejenisnya tapi memang bawaan dari sononya :) jadi kl pak dokter bilang sih karena nasib anakku yang kurang baik aja jadi adenoidnya tumbuh terlalu besar.

  3. Hi there..

    Anak saya (3,5 thn) senasib dengan anak anda, sedang dalam masa tunggu untuk operasi amandel. Saya sendiri sudah mantap dengan keputusan dokter THT untuk tindakan ini, tetapi suami masih belum mantap benar.

    Amandel dan adenoid anak saya besar dan karena itu kelenjar di lehernya juga membesar krn ada infeksi. Oleh Dr THT, sudah diberikan obat antibiotik dosis rendah selama 6 minggu berturut2 dan ahsilnya amandel dan adenoidnya nggak kempes juga. Akhirnya minggu ke-6 kami kontrol, oleh si Dr THT anak saya harus tes darah (ASTO dan CRP) ternyata ASTO-nya +200 dan CRP negatif. Leukosidnya tinggi. ASTO +200 ini ada indikasi bakteri streptococcus hemoliticus dan jika sumber infeksinya nggak dibabat, bisa menjalar ke jantung dan ginjal.

    Apa saya bisa hubungi bapak atau ibu untuk sharing? Karena operasi anak saya dijadwalkan 1 agustus ini. Saya merasa saya sedang balapan dengan penyakit yg jika nggak ditumpas bisa membahayakan kualitas hidup anak saya. Saya sendiri nggak kepikiran untuk cari 2nd opinion.

    Saya masih bingung gimana cara agar suami saya benar2 mantap yah?? Saya terus terang cemas sekali..

    Thanks sebelumnya dan salam kenal,

    Yanti Baedhowi

  4. Oya, sorry, e-mail saya saadriyanti@yahoo.com

    Yanti Baedhowi

  5. ok mbak yanti, nanti kita japri by email aja ya, nanti saya email mbak deh

    • Mba, Αǩϋ blh sharing mba…kbtlan anak Ӄєdua Αǩϋ punya adenoit seperti anak mba, skrng usia ϞƔª 3,5 ∫ªŸª masi bingung ϑαπ sangat cemas mba…∫ªŸª sangat mengharapkan ßΐśα sharing Θgπ mba…terima kasih sblm ϞƔª mba…

  6. Thanks banget infonya. anakku pernah saya bawa ke dr tht di rs mitra int. krn suka ngorok dan sesak napas. setelah dilakukan pengecekan dgn kamera dimasukin lewat hidung, ketahuan adenoidnya menghalangi lobang napas dan beliau sarankan untk diangkat. tapi entar deh operasinya tunggu libur sekolah.
    sekali lagi terimakasih mbak. salam

  7. sama-sama mbak, senang rasanya bisa memberikan info yang berguna, semoga operasinya berjalan lancar ya mbak, seperti yang terjadi pada sikecilku. sekarang dia sudah bagus pernapasannya mbak, sudah tidak pernah ngorok dan sesak napas lagi.

  8. Anak saya 3,5 thn.
    Rencana operasi amandel jumat lalu tapi di tunda karena leokosit tinggi sekali. Karena kburu masuk rs dikasih antibiotik patent selama 3 hari , minggu sore di tes darah ternyata leokosit hanya turun 1000??? Akhirnya ditambah lagi antibiotik yang lebih paten dan jelas lebih mahal dan kemarin hasil leokosit sisa 16,500 dan akan terus ditambah sampai sore ini. Besok pagi 14 agt rencana operasi amandel…. Gejala memang sama sesak dan nafas dari mulut, tapi dr tht bilang amandel bukan adenoid… nanti saya tanya apakah adenoidnya juga kena….

  9. iya bu, mending semua ditanyakan saja biar jelas. semoga operasinya berjalan lancar ya.

  10. Salam Kenal…
    Anak saya baru 2,5 th adenoid dan amandelnya besar, oleh dr tht disarankan utk diangkat. Gejalanya pilek terus-menerus, sesak napas dan mendengkur.
    Sy dan suami, insyaallah mantap dg keputusan dokter.
    Tp sblm operasi sy ingin sharing dg mba…
    mgkn mba mo berbagi pengalaman
    Makasih sblmnya…

  11. oh ya mba..klo bs sharing by email.
    ini almtnya iaaf@plasa.com

  12. hai mbak umi, aku udah email mbak lho. Monggo kalo mau sharing tentang sikecil dan adenoid serta amandelnya. Tenang aja mbak, semoga semua berjalan dengan lancar ya seperti anakku. Proses operasinya ga memakan waktu lama kok mbak, cuma sekitar 15 menit aja.

  13. Alhamdulillah, makasih banyak infonya… benar benar membantu ditengah kekalutan saya, ternya jagoan kecil saya (3,7 thn) mengalami hal yang sama, awalnya aku nggak ngerti banget soal amandel makanya aku bawa ke dr andreas – tgl 26 Agustus kemarin (dr spesialis untuk masalah gangguan tidur, nama kedokterannya aku ngak ngeh deh he he he),karena tidurnya mendengkur keras, terus dirujuk ke THT, ternyata amandelnya yang besar dan kemudian menyarankan rontgen adenoid dan harus diOPERASI. ya ampun kaget sekali saya, aduh benar benar gak bisa tidur deh…Berhubung dr THT ini jauh dari lokasi tempat tinggal saya maka saya memutuskan utk mencari second opinion dari dr THT di seputar Bekasi (Mohon infonya mba, dr THT yang bagus , enak diajak diskusi n benar-benar menangani masalah anak, drnya mba boleh juga nih direkomended.
    Makasih banyak mba atas bantuannya btw bisa minta no telp mba nggak??

  14. ok mbak untuk no telepon udah aku japri ya lewat emailnya mbak nike. Untuk dokter THT yang aku recommended sih dokternya radit mbak, namanya dokter Helmi, kebetulan beliau sudah Profesor akupun dapat rujukan dari dokter anaknya radit. Dokter Helmi orangnya care dan menenangkan mbak, sepertinya sih beliau sudah cukup berpengalaman. COba deh mbak konsul kesana, beliau praktek di RS. Salemba Satu di daerah Matraman.

  15. Mbak Nirwasita,

    Seneng sekali nemu blog-nya Mbak, saya lagi bingung, sedih mikirin kondisi hidung anak saya. Sudah saya catat info2 yang mbak berikan u/ teman2 diatas. Mungkin kalo ada waktu cuti saya akan periksakan anak saya ke Dokter Helmi sesuai info dari Mbak. Saat ini saya berdomisili di Bontang, kaltim.2 dokter THT jg nyaranin operasi karena adenoid dan amandel anak saya besar. Anak saya usia 7 tahun, waktu usia 6 tahun dia pernah operasi u/ dicuci hidungnya karena ada nanah yg tidak bisa dikeluarkan.Saya kasihan kalo dia mesti operasi lagi. Tapi bila itu jalan terbaik ya akan kami tempuh juga setelah mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.Anak saya mungkin hanya 10 % saja dalam tidurnya mendengkur tetapi hidungnya sering tersumbat. Saya perlu dokter yang informatif dan menenangkan. Boleh tahu email Mbak bila sewaktu-waktu saya butuhkan. Dan saya terbuka / perlu sekali dengan info2 tambahan soal adeoid apabila Mbak punya. Terima kasih sebanyak-banyaknya.Semoga keluarga Mbak selalu sehat n happy.

  16. Iya mbak, coba aja mbak pergi ke dokter helmi kalo ada kesempatan ke jakarta. Untuk amanak umur 7 th sepertinya tidak ada masalah jika adenoid dan amandelnya diambil mbak. dan seharusnya adenoid bisa mengecil diusia seperti anak mbak. Jika memang sampe usia segitu masih besar mungkin memang harus dioperasi mbak. Lagian prosesnya sebentar sekali kok mba dan setelah itu hasilnya memuaskan. Anak saya sudah bisa bernapas secara normal dari hidung tidak dari mulut lagi seperti dulu. Untuk alamat email saya sudah saya kirimkan ke email mbak Lya. Kontak-kontak saya saja mbak kalo ingin sharing tentang sikecil.

  17. Terima kasih sekali lagi. Jawabannya cepet sekali. Senang sekali rasanya ternyata didunia yg sdh semakin panas masih banyak orang2 yang berjiwa penolong salah satunya Mbak Nirwasita. Wassalam.

  18. hehehe kebetulan waktunya pas mbak, hampir tiap hari saya cek blog :D dan kalo ngecek pasti pagi-pagi. aduh mbak lya bisa aja sih. masih banyak kok mbak orang-orang yang mau nolong dengan tulus,lagian untuk share hal-hal yang bergunakan memang sudah seharusnya mbak. i’m very welcome for such a thing. jadi jangan sungkan-sungkan ya mbak untuk sharing-sharing sama aku.

  19. Hi mbak, saya mengalami hal yg sama dg mbak. Ke dokter Helmi juga di Salemba satu dan disarankan operasi secepatnya. Bagaimana setelah operasi? karena menurut bbrp info, kalau adenoid diambil malah gak ada daya tahan tubuhnya (seperti yg saya baca diatas jg). Saya jd bingung jg nih. Oh ya umur berapa Radit? anak saya 4 th. ini jg yang bikin saya ragu. Apa boleh anak 4 th dioperasi?

  20. hi mbak irene, kalo memang disarankan operasi, ga papa mbak, anakku pasca operasi malah tambah sehat dan bagus pernapasannya. Tidak ada efek2 buruk yang terjadi pada sikecil kok mbak. So far sih keadaan raditya baik-baik saja. Daya tahan tubuh masih seperti dulu dan jarang sakit kok. Raditya waktu dioperasi malah baru berumur 3 tahun lho mbak.

  21. Dear mbak nirwasita, saya mohon info nya untuk dokter yg bagus mengenai penyakit amandel anak saya yg berusia 3 tahun, karena sudah sering berobat kedokter namun gak sembuh2, terima kasih, faisal.

  22. saya kemaren dapat referensi dari dokter anaknya radit (dr. Idham Amir) untuk konsultasi ke dokter Helmi (profesor) di RS. Salemba Satu. menurut saya dokternya bagus mas, dan care banget ama pasiennya. Mungkin bisa dicoba konsultasi kesana dulu.

  23. Halo Mbak.
    Saya mau tanya, bagaimana kondisi anak Mbak sesudah operasi? apakah dia menjadi rewel karena kesakitan sekali, krn kan ada luka di tenggorokannya?
    thx buat sharingnya… :)

  24. Rewelnya cuma pas abis operasi mbak, nangis2 jejeritan ga karuan deh, tapi untungnya pak Dokter udah ngasih tau kalo anak kecil pasti akan nangis jejeritan kencang2 dan itu biasa, masih dalam kategori normal (tidak ada yang perlu dikhawatirkan). Tapi sesudahnya dia akan banyak tidur karena masih lemes (mungkin masih ada pengaruh obat tidurnya). Terus sepanjang siang masih malas makan bahkan untuk makan es krim kesukaannya :D tapi malamnya malah minta makan indomie :D yang penting sih mbak kesabaran kita untuk terus mencoba kasih dia minum supaya suhu badannya terjaga (karena kalo tidak mau minum suhu badan bisa naik/panas sehingga harus menggunakan infus).
    Malah besoknya sudah lupa sama operasinya mbak dan pengen nginap di sana lagi :D dan tidak trauma dengan dokternya, malah anteng aja masuk ruang praktek dokter sendirian :D

  25. Mba ..anak saya juga baru saja menjalani operasi penganggkatan adenoid pada 7 oktober 08 di RS PKT Bontang,tapi gejala awalnya sih oleh dokter umum anak saya hanya perlu irigasi ( sinusitis ) saja tapi pas diperiksa oleh dokter THT di RS PKT Bontang katanya anak saya adenoidnnya membesar dan itu juga yang menyebabkan anak saya terkena sinusistis. jadi bila hanya diirigasi saja tidak akan menjamin anak saya bebas dari sinusistis…karena salah satu penyebab sinusistis ya karena adenoidnya membesar.
    anak saya umur 7thn8bln ..pasca operasinya Alhamdulillah sampai sekarang anak saya kalau bernapas sdh tidak seperti dulu ..bunyi dan hidungnnya tersumbat terus seperti pilek tapi qa ada cairan yang keluar dari hidungnya….
    semoga bermanfaat..

  26. Pagi mba,
    lagi cari2x info tentang ngoroknya my princess yg berusia 4 thn, ketemu dengan blog di sini,
    saya bisa minta jadwalnya profesor helmi mba
    + Rs Salemba itu sebelah mana yah ? apa yg deket2x pasar Kenari ?
    thanks juga atas sharing nya yah….
    thanks
    ronald_delgeano@yahoo.com

  27. pagi mas,

    Prof. Helmi ada di rs tersebut tiap hari deh kalo ga salah :D yang jelas kalo hari sabtu mulai dari jam 8 pagi dan kalo hari biasa mulai jam 4 sore. iya betul rs. salemba didaerah salemba sebelum rs. carolus kalo dari arah kp. melayu. tempatnya agak masuk kedalam. dibelakang gedung perpustakaan nasional kalo saya tidak salah.
    semoga ngoroknya bisa cepat hilang ya mas.

    salam,
    wulan

  28. @ mbak Tami,

    terima kasih sharing dan informasinya mbak, pasti berguna sekali bagi para orang tua yang anaknya mengalami masalah yang sama dengan kita mbak. dan sepertinya masalah seperti ini banyak juga ya yang mengalaminya.

    salam,
    wulan

  29. Mas bisa minta alamatnya tdk?. Kirim ke emaiku ya atlantis_ind@yahoo.co.id . Terima kasih

  30. Hi mbak nirwasita….
    Senang sekali bs menemukan blog ini.. Gmana skr kabarnya raditya ?
    Mungkin kl baca sharingnya temen2 diatas ada yg berusaha u/ menyakinkan suami atas tindakan operasi pengangkatan adenoid ya, justru kl ini sy yg kurang yakin mbak, suami justru udah mantap… Anak sy baru aja didiagnosa dokter tht, umurnya akhir bulan ini 4th dan sy domisili di aceh, ktnya adenoidnya membesar makanya dia sering sekali pilek dan dari kecil napasnya agak susah, tidur mendengkur dan dlm keadaan terjagapun nggrok-grok. Terus terang mbak, sy sendiri takut sama yg namanya jarum suntik, apalagi skr justru anak sy mau dioperasi. Sy lg cari 2nd opinion, apakah adenoid yg membesar itu harus dilakukan dg. operasi sbg jalan satu2nya?? apakah tdk ada cara lain spt terapi ?? Rencananya operasi akan dilakukan minggu depan krn nunggu papanya pulang dr luar kota.. Kira2 resikonya besar ga mbak dan gmana kondisi anak pasca operasi, apakah daya tahannya akan menurun..?
    Thanks u/ sharingnya

  31. Halo mbak Iffa,salam kenal dari saya, senang juga mbak iffa sudi berkunjung ke blog ku ini, sering2 mampir ya mbak:)
    Kabar raditya baik mbak, sekarang lagi batuk pilek, biasa sih musim hujan gini. Tapi so far pasca operasi dia baik-baik saja malah pernapasannya udah sangat nyaman sekarang gak seperti dulu yang sering terlihat seperti orang sesak napas. Raditya waktu dioperasi masih sekitar umur 3th-an. Dan adenoid juga gak terlalu banyak berfungsi mbak jadi kalaupun diambil mungkin malah lebih baik terutama jika ukurannya sudah terlalu besar dan menutupi jalannya pernapasan. Kasian kan mbak liat sikecil napasnya tersendat-sendat bahkan kalo lagi makanpun sepertinya susah sekali bernapas. Pasca operasi daya tahan tubuh raditya biasa saja mbak, tetap tidak gampang sakit kok. Tapi kalo mbak mau cari 2nd opinion juga tidak apa-apa untuk meyakinkan diri mbak lagi. So far sih yang saya tahu dari dokternya Raditya, itu termasuk operasi kecil saja jadi ya pemulihannya juga cepat mbak, 1 hari juga udah bisa maen2 lagi anaknya. Seperti Radit juga yang besoknya langsung lari-lari dan maen sepeda lagi.
    Ok mbak, mungkin segitu dulu sharing dari aku, semoga membantu ya mbak. Dan semoga si kecil mendapatkan yang terbaik dan cepat sembuh ya mbak. Salam buat si kecil.

  32. Ok mbak Nirwasita… Thanks alot atas sharingnya….. sangat membantu sekali….
    Tq’s… Tq’s….. and Tq’s….
    Salam bw Raditya.

    Salam,
    Iffa

  33. sama-sama mbak, salam juga buat si kecil ya……. goodluck…semoga cepet sembuh ya dek.

  34. halo mba.salam kenal.anaknya teman saya juga mengalami adenoid skrg sdng menjalani pengobatan ttp kalau blm sembuh jg ktnya harus di operasi.tetapi teman saya ,mengalami kesulitan dg biaya operasi yg cukup mahal.ada alternatif lain ga ya untuk pengobatannya selain operasi? atau d RS mana yang biaya operasinya bisa lbh murah d Jakarta ini? terimakasih

    -lessy-

  35. alo mbak Lessy, untuk alternatif lain sih coba mbak tanya ke mbak yanti, emailnya: saadriyanti@yahoo.com

  36. Alo mbak m ak yg baek baek, salam knal juga, anak saya 4th9bln, sudah 1th ini divonis sinusitis maxilaris, terakhir ke THT malah dijabarkan adenoidnya membesar, akh… Smentara diberi obat. Dari foto tampak jalan napasnya tinggal 0,5cm, apa itu sdh parah?? Sebab keluhan slama ini sering batuk, bila tidur tidak sampai “ngorok” tp cenderung Hhhhhhh…..Hhhhhhhh……, juga agak mangap! Apa sudah parah itu ya? Mohon sharingnya..
    Salam ya…

  37. wah klo jalan napasnya udah sempit gitu sih kayaknya mending diambil deh mbak, soale nanti klo dia batuk ato hidung tersumbat pasti kasian sekali. Anakku dulu juga gitu, suka bernapas lewat mulut karena jalan napasnya tertutup adenoid. syukurnya adenoid yang besar itu terdeteksi cukup dini sebelum dia ketauan asma. Kalo gak pasti menderita sekali waktu asma kambuh, napas sesak eh jalan napas tersumbat pula (tak terbayangkan olehku kondisi seperti itu)
    Jadi mending mbak cari second opinion aja untuk tindakan yang terbaik buat si kecil.

  38. haloo mba, thanks buat infonya ya… anakku 2,5thn juga menderita hipertrofi adenoid,mau nanya mba anak mba dirawat berapa hari?

  39. cuma 1 hari kok mbak, itu cuma operasi kecil aja, lamanya sekitar 10 menitan mbak.

    • Halo mba terima kasih untuk informasinya yang sangat berguna. Anak saya 7 th 2 bln setelah dironsen dinyatakan terkena sinusitis dan pembesaran adenoid hipertrofi. Apakah penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan cara lain selain melalui operasi. Terima kasih ya.

      • Aduh Mbak Gaby, aku gak tau juga ya klo dengan cara alternatif tapi sempet ditawarin pake obat aja tapi gak operasi cuma gak menjamin adenoidnya bisa mengecil dan jangka waktunya juga gak bisa ditentukan. Jadi aku memilih operasi saja dengan pertimbangan kasian klo si kecil harus terpapar obat terus menerus dalam jangka waktu panjang, apalagi gak ada jaminan juga klo bisa sembuh.

  40. skr tb giliranku u/share mbak, aq jg mengalami keluhan yg sm, putri kclku di vonis amandel & adenoid n smlm nfsnya susah banget, cm yg blm memantapkan htku ada be”rapa opini yg buat aq bingung,aq sdh bw brobat ke be”rpa dokter THT n beliu ada yg menyarankan operasi amandel & pengerokan adenoid, trs adalagi amandel akan di buang 1/2 nya aja+pengambilan adenoid, skr aq cm pengen tahu aq hrs ikut yg mana, ini sungguh membuatku bingung, apa aq hrs cr opini laen biar htku lbh mantap? boleh tahu mba dr helmi ada praktek jg di Proklamasi???kmr adda tmn nyaranin ksana, slm kenal ya mba from Anna

    • Halo mbak Ana, sorry n ih aku baru bales, baru sibuk ngurus babyku yang umurnya baru 2 minggu nih, pas mbak kasih komen aku m asih di RS. iya dokter helmi praktek di sekitar proklamasi mbak, di RS. Salemba Satu tepatnya dibelakang Perpustakaan Nasional deh klo gak salah. RSnya agak masuk sedikit mbak dan gak gitu besar kok tempatnya. Klo anaknya seperti opsi no.2 itu, adenoid dikerok semua dan amandel dipotong setengahnya. Jadi amandelnya masih ada cuma ukurannya diperkecil, sekarang sih udah gak susah bernafas lagi mbak. Coba aja mbak konsul ke dokter Helmi, menurutku beliau sangat berpengalaman dibidangnya dan orangnya sabar jadi kita juga enak konsultasi dengan beliau.

  41. selamat ya atas hdrnya si kcl, balitaku jg lg 7 bln, kbtulan aq dah ktemu dr. helmi di RS Salemba satu n skr aq dah mantap menatap ke depan krn dr helmi dah memberiku banyak penjelasan, thank you byk ya mba atas info”nya kmr…mg” putri kecilku cpt membaik, amin.

    • Terima kasih mbak Anna, Alhamdulillah klo mbak sudah ketemu dokter helmi dan mendapatkan penjelasan dan info yang lebih lengkap sehingga mbak mantap dalam menentukan pilihan yang terbaik buat si kecil, semoga si kecil cepet sembuh ya mbak. Salam sayang buat si kecilnya mbak.

  42. Salam kenal Mba,

    saya mau menanyakan berapa biaya operasi dengan dokter Helmi?
    Thanks,

  43. [...] Infogue! Your Social Portal – Jangan Sepelekan Gangguan Tidur pada Anak Ibu wulan – Adenoid pada matahari kecilku Pak Iwan Mahendra – Radang Adenoid Pak Irwan Ashari –  Pembesaran [...]

  44. hi mbak …
    anak saya umur 3.2 tahun … kasusnya sama dengan anak mbak ..
    1 bln yg lalu saya bawa anak saya ke dr THT di gading pluit, dan kata dokter ada adenoid dan amandelnya nempel. Ketika harus di rontgen, anak saya tidak bisa di rontgen krn anak saya termasuk yang aktif.
    anak saya dikasih obat antibiotik dan nasal, tp tdk byk pengaruhnya.
    Saya pribadi, ingin anak saya dioperasi secepat mungkin krn terus terang saya kasihan sekali melihat anak saya kalo tidur susah sekali bernafas, tidurnya pun menjadi gelisah. Tapi suami saya masih ragu dan si dokter pun menganjurkan berobat biasa dulu.
    Mbak, saya mau tau dimana rumkit yg mempunyai peralatan lain selain rontgen, untuk mengetahui kondisi amandel dan adenoid ? Terus gimana kondisi anak mbak setelah operasi amandel ? karna katanya, kalo amandel sudah diangkat, stamina seseorang akan mudah drop … Terima kasih mbak untuk advice nya ya …

    • sepertinya dimanapun sama deh mbak, untuk lebih pastinya tetap harus di rontgen, anak saya juga harus dirontgen untuk melihat kepastian kondisinya. Setelah operasi anakku baik-baik saja mbak, malah lebih nyaman tuh, karena sudah tidak ngorok dan sesak napas lagi. Untuk stamina tetap seperti biasa. Jadi jangan takut mbak.

  45. thanks for the sharing Mbak,

    anak saya 4 tahun 4 bulan, dari bayi nafasnya bunyi dan seperti tersumbat. Selama ini saya pikir alergi, beberapa bulan terakhir pilek parah dan tersumbatnya jg cukup parah, akhirnya saya bawa ke THT dan ternyata setelah dirontgen hypertrophy adenoid dan disuruh operasi.
    Sebelum memutuskan operasi saya berniat second opinion dan banyak yang me-rekomendasikan Prof Helmi. Thanks sekali lagi.

    Indah

  46. Salam kenal mbak Nirwasita, bisa email ke aku gak, aku pingin sharing nih.Prosedur operasinya gimana ya? apakah pake infus ato tidak?
    Thanks

  47. Tx bunda radit atas semua share nya.
    Sangat bermanfaat untuk sy yg sdg bingung, panik, cemas. Krn putri ku syiva 5th bernasib sm. Malah adenoidnya sdh sampai menutupi telinga shg menurunkan pendengarannya. Suatu sore aku dan syiva sdg berbicara lalu dia berkata “mama kalo mau ngomong lsg ke telinga syiva krn syiva ga kedengeran” perasaanku terasa hancur saat itu. Putriku tdk bs mendengar dgn jelas. Blog ini sangat menenangkan hatiku dan suami untuk menetapkan hati menjalani advice dokter minggu depan syiva akan dioperasi..
    Nice blog…

  48. mbak, anakku sudah dioperasi adenoidnya 2,5 minngu yang lalu. Saat 2 minggu pertama aman2 aja, tapi krn alerginya dia masih pilek terus. Setelah 2 minggu tiba2 keluar darah dari hidungnya beserta ingus, gak banyak tapi cukup bikin aku panik.
    aku langsung ke prof Helmi, tapi bliau bilang itu wajar. Nah sampe beberapa hari ini ( 18 hari setelah operasi) anakku tiap pagi hidungnya keluar darah sedikit, (tetes-tetes). walaupun dibilang normal tapi tetep aja bikin bingung.
    aku mau tanya dulu pengalaman anaknya mbak gimana? begitu juga gak?

    • Halo mbak Indah, wah pengalaman anakku berbeda dengan anaknya mbak Indah. Raditya pasca operasi baik-baik saja mbak. Tidak pernah mengeluarkan darah apapun. Mungkin kalau mbak penasaran, kontrol lagi aja ke dokter Helmi trs ditanyakan kejadian tersebut apa penyebabnya dan berapa lama?
      Semoga cerita saya ini membantu ya mbak. Dan semoga si kecil segera normal kembali dan sehat selalu.

  49. Salam kenal mba endah, saya anna….kebetulan nasib anak qta jg sama, selama ini saya masih kontrol trus ke dokter helmi, msh blom di putuskan kpn oprasi, my baby nacha n umur br 3.4 bln…setelah aq denger keluhan mba endah, aq jd takut jg, knp pasca oprasi hrs kluar darah???tlg info setelah kontrol ke dokter helmi ya mba, ada apa sebenarnya???semoga anak mba lkas baek n sht.

  50. Mba,saya baru aja bc blog mba,anak saya kmrn dsuruh oprasi adenoid,dia memang suka mampet hidungnya,tp on off,kalau kecapean n bnyk aktifitas.tp kl tdr kadang2 saja ngoroknya.yg saya bingung knp koq dokter gak ks obat dl,apakah hrs lgs oprasi atau bagaimana,krn anak saya g tll parah skali,saya jg bingung apa hrs lgs oprasi atau tdk,mohon advise mba..tks

    • saya dengan dokter Helmi pernah di tawarin pake obat mbak, tapi katanya ga ada jaminan bisa mengecil trs mungkin jangka waktunya lama. Jadi saya pilih operasi saja waktu itu.
      Kalo boleh tau anak mbak Atiek umur berapa? trs kalo memang masih ragu, mending mbak Atiek cari second opinion dulu aja sebelum mengambil keputusan.

  51. jeng, anakku 3.5thn menurut dokter anak adenoidnya besar tapi aku blom konsul ke THT. Dia tidurnya ngorok dan susah napas, memang 2 bulan sekali pilek. Kalau tidak diambil adenoidnya apa sih efeknya? Terus terang sy gak tega kalo dioperasi, tks

    • Kalau tidak diambil dan sudah mengganggu jalan napasnya kasian mbak, bisa mengganggu asupan oksigen ke otak, jadi sebaiknya mbak konsul dulu ke THT, lihat seberapa besar adenoidnya, apakah sudah menutupi jalan pernapasan atau tidak. Operasi tidak apa2 kok mbak, prosesnya cepat, kurleb 10menit saja. saya rekomen konsul ke Prof. Helmi di RS. Salemba Satu.

  52. halo mba salam kenal saya devi,anak saya umur 6 taun mmg sih sejak umur 3-4 taun sering terkena infeksi telinga,kira2 dah 6 bulan ini dia nafasnya lewat mulut,padahal juga sepertinya hidungnya ga tersumbat,kl tidur ngorok ddan tidak tenang apalagi kalo ACnya nyala,kt dokter adenoidnya besar tapi hrs foto dulu utk memastikan,apakah sesudah operasi si kecil merasa sangat kesakitan?apakah suaranya bs menjadi sengau?trims ya mba

    • halo mbak, salam kenal juga ya, senang sudah mampir ketempatku. Ya biasalah mbak anak kecil pasti nangis jejeritan tapi sebentar aja kok. Pengalaman anakku abis nangis jerit2 trs gak lama diem. Sehari juga sembuh mbak, apalagi klo anaknya cooperatif dan mau cepet2 minum yang dingin2 pasti cepet sembuh. Suara agak sengau untuk beberapa hari tapi setelah itu balik normal kok. Sampai sekarang anakku sih baik-baik aja.
      Semoga si kecil cepet sembuh ya mbak…salam buat si kecil.

  53. Salam kenal,
    Keponakan saya dianjurkan untuk operasi amandel.Tetapi kami masih mencari alternatif lain dengan cara pengobatan-pengobatan dokter.Apakah bila kami tunda akan lebih berbahaya untuk keponakan saya?Dokter juga mwnduga selain amandel ada pula adenoidnya.
    Terima kasih kepada rekan-rekan untuk semua infonya.

  54. halo lagi mba,saya devi lagi setelah pemeriksaan menyeluruh akhirnya diputuskan anak saya operasi senen ini tgl 22 maret,setelah operasi nanti dokter bilang anakku harus makan bubur 5 hari setelahnya,bgm kl putra mba nirwasita?padahal anakku paling anti namanya bubur..

    • sama dong kayak anakku mbak, tapi jangan khawatir mbak, ga perlu bubur lima hari kok, yang penting agak lembek aja. Anakku mah sama yang namanya bubur itu anti banget, malah bisa muntah2 liat bubur hehehe……malah abis operasi malamnya minta indomie (kacau ga, akhirnya kami kasih tapi sedikit aja dan jangan pas panas2 kasihnya, untung tukang warungnya baik banget) abis itu anak ga mau makan apa2 seharian. Trs jangan kaget ntar kl anaknya suaranya beda pasca operasi, tapi lama kelamaan normal lagi kok…
      semoga lancar ya mbak operasinya, salam buat si kecil, kl ada apa2 jangan sungkan2, hubungi aku aja…..

    • hai mbak devi, salam kenal ya. Nama saya Fience. Gimana pasca operasi? Saya masih cari second opinion utk anak saya yang di diagnosa adenoid, sinusitis dan katanya kena telinga juga ya. khawatir sekali jadinya. mau dong mbak sharing.
      Tks

  55. mbk ini saya nina mw tanya saya menghubungi mbk ini saya dlm keadaan telinga saya berdengung.saya tdk ngerti kenapa.yg sy baca dari tadi dialami oleh anak kecil trs,apakah orang dewasa bia jg menga;ami ini?apakah cara mengatasinya sama?saya sdh dewasa tapi telinga sy berdengung mengganggu banget.mbk tau alamat dokter tht yg paten&manjur? sy ingin pake obat tetes telinga semoga bisasembuh.

    • ke Prof. Helmi aja mbak di RS. Salemba Satu, no tlpnya saya lupa tapi bisa disearch di internet ato cari2 aja di komen2 diatas mbak, kayaknya ada kok.

  56. Blog ini membantu saya yang lagi cari pencerahan soal pengangkatan adenoid anak. Axel, anak sy hampir 7 tahun, tidur ngorok sudah bertahun2 terutama klo flu. Kraguan saya hanya jumlah Hb dia yg dibawah normal…

  57. ploooooooooong rasanya hati ini, setelah sekian lama menunda terus buat pengangkatan adenoid+tonsil, akhirnya……….putri kecilku bisa dengan sanget baek melewati semuanya…..,sekarang pasca operasi sudah brakhir, hari sabtu kontrol, mudah”an semuanya bisa jadi lebih baek meski kemarin” sempat menjadi momok buat hari” qta…, buat bunda” yang lagi bingung, moga putra putri anda cepat mendapatkan penanganan yang terbaek ya…..amin.

  58. sharing lagi, anakku sudah dikerok adenoidnya oktober 09 lalu, nafasnya lega hanya beberapa bulan, setelah itu kambuh lagi :=(
    kembali ke prof helmi dikasih obat, dan menurut bliau kali ini kemungkinan krn amandel .. hiks

    sebetulnya apakah adenoid itu bisa tumbuh lagi setelah operasi?, aku mau konsul lagi ke prof helmy blm sempet ..

  59. mbak yanti, salam kenal ya. Boleh minta email nya gak? kemarin aku coba kok gak bisa ya. Mau dong sharing by email aja. Tks
    Fience

  60. Salam kenal mbak, Saya ibu dari dua org putri, saat ini anak yg ke dua ( 4 thn )di dianogsa kena adrenoidnya, awalnya dua minggu ini anakku nafasnya agak sesak, setiap berapa detik narik nafas terus, terutama klo aktifitasnya tinggi. awalnya saya kira dia asma ( krn saya punya asma ), oleh dokter saya disarankan k dokter THT, setalah di rontgent ternyata andenoid membesar dan hrs operasi, saya takut mbak, apa yg hrs saya persiapkan untuk pra dan pasca operasi ? terus terang saya saat ini sedang mempersiapkan mental saya dan si kecil. tolong mbak balas email saya . Terima kasih

  61. mba… wah bermanfaat bgt nehh.. anak-ku yg kecil umur 3 th, baru didiagnosa prof marseno adenoid bengkak sehingga sinus parah. bbrp minggu lalu sudah dilakukan pengobatan dan lumayan mengecil tidak ngorok, nafas juga lewat hidung. bbrp hari ini koq mulai batuk pilek dan ngorok lagi yaa.. nafas juga lewat hidung. aku dah puyeng dech mbaaa… secara skrg dia lagi konsumsi obat intrizin (alergi) selama 1,5 bln oleh prof marseno juga seh;ubungnan dengan adenoidnya. help yaaa… kalo boleh japri mba yaaa.. thx so much :)

  62. Mbak, apa bisa sharing soal adenoid?? Saya helmy, please email saya. Thanks.

  63. Mbak Nirwasita, thanks utk infonya. saya ada baca komentar dari ibu Indah Kesuma soal pasca operasi anaknya yg masih berdarah terus. anak saya baru operasi adenoid 5 hari yg lalu, tetapi sampai hari ini masih berdarah terus dan ingusnya juga banyak (ingus darah). anak saya 3,5 th, jugs operasi di rs. salemba. Bolehkah saya meminta alamat email ibu Indah Kesuma, saya ingin menanyakan lebih lenjut mengenai perkembangan anaknya dan kapan pendarahan anaknya berhenti? Apa yang harus saya lakukan?. Terima kasih Mbak Nirwasita. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan mbak. Alamat email saya: devitamajani@yahoo.com

  64. hai bunda.Salam kenal dr bunda vio. Anaq jg d suruh d operasi adenoidnya. Aq agak sedikit kawatis pasca operasi gmn? anak mbak pasca operasi apa sudah g pernah susah bernafas lg? tlg d bantu ya mbak. biar agak sedikit legaan kl mmg anq mau d operasi.

  65. Salam kenal Mba…
    kebetulan anak saya jga di vonis oleh dokter untuk operasi adenoid cuman saya belum yakin seberapa besar adenoidnya karena hasil rontgennya nggak dijelasin berapa cm atau ml besarnya sehingga menyumbat saluarn pernapasannya..
    Boleh tau alamat Dr Helmi nya dan no Tlpn nya

    terimakasih atas bantuannya

    Adhi /Bekasi
    (adiw2008@gmail.com)

  66. Salam kenal Mba…
    Anak saya 3,4 thn kebetulan anak saya jga di vonis oleh dokter untuk operasi adenoid cuman saya belum yakin seberapa besar adenoidnya karena hasil rontgennya nggak dijelasin berapa cm atau ml besarnya sehingga menyumbat saluarn pernapasannya..
    Boleh tau alamat Dr Helmi nya dan no Tlpn nya

    terimakasih atas bantuannya

    Adhi /Bekasi
    (adiw2008@gmail.com)

    • Dr Helmi bisa ditemui di RS. Salemba Satu mas. Sorry aku lupa no tlpnya mungkin bisa disearch aja sorry ya baru balas soalnya banyak kesibukan disini hehehe…semoga anaknya cepet sembuh ya….

  67. Salam kenal, mbak.

    Saya mau sharing aja. Anak saya (Nibras, 14 thn) mengalami masalah kesulitan bernapas yang diperparah oleh alergi yang diidapnya. Akibatnya Nibras sering pilek, hidung tersumbat, dan harus bernapas melalui mulut.

    Diawali dengan keluhan telinga yang sakit, kami membawa Nibras ke dokter THT yang berpraktek di klinik dekat rumah. Dokter THT itu, Dr. Susana, melakukan pemeriksaan menyeluruh pada anak kami sampai akhirnya beliau menemukan bahwa anak kami mengalami pembesaran adenoid. Beliau menyarankan Nibras untuk melakukan operasi,yaitu dengan mengikis (mengkoter) adenoid yang membesar itu sehingga tidak menghalangi jalur napas.

    Akhirnya kami berketetapan Nibras untuk menjalani operasi tersebut. Harapan kami hanya agar anak kami sembuh dari sakitnya dan terbebas dari kesulitan bernapas yang sudah dialaminya bertahun-tahun.

    Operasi baru saja dilakukan hari Jumat yang lalu (9 Sept) di SS Medika tempat Dr. Helmi juga berpraktek.

    Sebelum dilaksanakan operasi, Nibras melakukan CT Scan. Dari hasil CT Scan ternyata diketahui terdapat cairan di rongga sinus sehingga harus disedot. Pada saat dilakukan operasi, Dr. Susana juga memeriksa amandel Nibras, ternyata amandel tersebut bernanah sehingga harus diambil sekalian. Jadi Nibras mengalami tiga tindakan operasi sekaligus: koter adenoid, penyedotan cairan sinus, dan pengangkatan amandel.

    Saat ini Nibras sedang dalam tahap pemulihan di rumah. Kami berharap Nibras dapat pulih, lebih sehat, dan tidak mengalami lagi kesulitan bernapas dan susah tidur.

    • Salam kenal juga mbak Tari, thanks for sharing your story in my blog. I really appreciate it! Semoga Nibras cepat sembuh dan pulih seperti sedia kala lagi. Salam cium dan peluk buat Nibras….

  68. Hi mba…
    salam kenal, kmrn anak saya baru direkomend oleh dokternya utk di endoskopi hidung krn ini umur 2 taon masih drolling …. dan klo tidur ngorok, suka mampet hidungnya, makanya dokternya ingin cek hidungnya
    Mau tolong tanya kalau dulu anak mba di diagnosa adenoid lewat periksa endoskopi dulu ngga mba ? kalau iya proses endoskopi seperti apa ya ? bayangin dimasukkin alat sepertinya sakit saya jadi tidak tega, apakah dibius saat di endoskopi ? makasih banyak ya mba

  69. Salam kenal mbak…saya mamahnya christopher…anak saya akhirnya menjalani operasi amandel dan adenoid 22 des 2010 setelah membaca pengalaman mbak…tadinya kami ragu2 dalam memilih dokter…tapi setelah membaca pengalaman mba..kamu tidak ragu lagi…kami ditolong oleh Prof. Helmi yang sangat baik…skg anak kami semakin sehat…dan semakin gemuk…terima kasih ya mbak…

    • salam kenal juga ya mbak, senang mendengar christopher baik2 saja seperti radit anak saya. Prof Helmi memang baik sekali mbak. Salam kenal dan sayang untuk christopher ya mbak.

  70. Salam kenal mba. Hari ini putri sy kiara 3,1 th telah menjalani operasi amandel dan adenoit krn setelah keluar dr ruang operasi kiara menangis hingga keluar darah dan ingus dr hidungnya perawatnya blg dia hrs berhenti menangis untuk menghentikan darah dr hidung, kmd sy tenangkan akhirnya pemdarahan berhenti dan kembali ke kamar perawatan. Alhamdulillah dia mau minum dan makan es cream tp makanan saring dr RS hanya dua suap mungkin tenggorokannya terasa sakit jd sy tdk mau memaksanya. Memang saat ini dia maunya tidur namun mengapa suara napasnya sengrok2 ya walau tdk keras. Kalau anak mba, bgt jg tdk stlh 7 jam operasi tlg sharingnya, sy jg akan menanyakannya besok pd dokter. Trims sebelumnya

    • kalo pengalaman saya tidak seperti itu mbak, sehabis operasi anak saya lancar2 aja, Alhamdulillah tak ada pendarahan. Besoknya sudah langsugn pulang dan nafas berbunyi serta ngos2an udah ga ada lagi.

  71. salam kenal mba wulan, anak saya raditya yang bulan ini pas berumur 3 th, udah setahun ini anak saya kalau tidur selalu ngorok & nafasnya seperti tercekik, susah nafas, menurut dr anak, pengaruh ngoroknya krn adenoid & amandelnya membesar, dan kerana tidurnya selalu terganggu makanya suplay oksigen ke otak berkurang, ‘sleep apnea” sehingga anak saya menjadi hiperaktif, dr anaknya merujuk ke dr THT tapi menurut dr nya sebaiknya operasi nya kalau sudah umur 4 th, dan sekarang diberikan obat antibiotik, memang kalau minum obat ngoroknya berkurang tapi setelah obatnya habis, tidurnya mulai terganggu lagi. saya bingung banget apakah radit harus minum obat terus menerus sampai umur 4 th? kalau mba dulu waktu, bagaimana anak mbak selama operasi & pasca operasi? dulu radit dioperasi umur berapa mba? terimakasih atas sharingnya mba.

    • salam kenal mbak Made Listianing, dulu Raditya begitu terdiagnosis adenoidnya terlalu besar dan bisa mempengaruhi suplay oksigen ke otak langsung dianjurkan untuk di operasi saja, karena menurut dokter Helmi, bisa pake obat tapi belum menjamin adenoid akan mengecil dan daripada si kecil terpapar obat terus menerus lebih baik di operasi saja. Raditnya waktu operasi sekitar umur 3 th mbak. ALhamdulillah ditangani dokter Helmi yang sudah berpengalaman dan sangat baik. Raditya tidak mengalami kesulitan apapun pasca operasi malah kesehatannya semakin membaik sampai sekarang.

  72. makasih mba wulan, kebetulan putra kita namanya sama ya mba….he..he…waktu radit operasi di RS salemba satu ya mba? terus waktu operasinya apakah Prof helmi didampingi dr anak mba? terus terang saya takut sekali menghadapi operasi, krn radith masih kecil, kalau dr anaknya radith di daerah bekasi & dr THT yg dirujuk juga praktek di daerah bekasi & beliau ga mau operasi sebelum radith umur 4 th takut terjadi perdarahan krn amandelnya sekalian mau diangkat, makanya mba di satu sisi saya senang radith ga dioperasi skr tapi kalau melihat dia tidur begitu tersiksa saya juga ga tega, mohon sharingnya ya mba…..makasih

    • Waktu operasi ama Prof. Helmi aja mbak, cuma operasi kecil aja kok, paling lama juga 10 menit. Coba aja ke Prof. Helmi mbak, enak kok, paling nggakan dapat second opinion dan siapa tau lebih melegakan. Alhamdulillah waktu itu kami langsung di rujuk ke Prof. Helmi sama dokter anaknya Radit.

  73. makasih banyak ya mba….mudah2 an sabtu depan kami berencana pingin ke prof helmi, RS salemba Satu, mudah2an Tuhan memberikan jalan yang terbaik, sekali lagi makasih ya mba atas sharingnya yang sangat membantu.

  74. sy sneng bngt jdi tau bnyk hal ttg amandel adenoids, tp syangnya sy blm tau bgmn kondisinya

  75. Salam kenal ya Mbak Wulan…..anak saya cowok umur 6,5 th….sudah ke 2 orang Dr THT di Serpong dan Semarang, kesimpulannya sama Mbak, adenoid dan amandelnya harus dioperasi. Mbak, kalo Prof Helmi itu praktek di daerah Serpong gak ya? Mbak Wulan ada nomor HP beliau? Kebetulan rumah saya dekat dengan RS OMNI.
    Mohon email dari Mbak Wulan ya….email saya : yoyokusiyoyo@gmail.com
    Sebelumnya makasih udah memberikan info mengenai adenoid ini.

  76. Makasih loh mb atas infonya mengenai prof helmi, hari selasa kemarin anak saya juga baru dioperasi oleh beliau, alhamdulilah sehat.tapi skarang dia belum mau makan karena masih sakit tenggorokannya.wkatu anak mb brp hari tuh sudah tdk sakit tenggorokannya,Sekali lagi makasih ya mb atas infonya.

    • wah maaf mbak sari, saya sudah lupa karena sudah lama sekali tapi sepertinya sih cepet ya, sekitar 2-3 hari sudah normal kembali dan untuk aktivitasnya sehari juga sudah bisa jalan2 lagi.

  77. mba anaku akan operasi adenoid, saya dapet print out biaya operasi disitu ada tertulis kelas kelas kamar dan biaya cukup beda significant, menurut mba yg sudah pernah apa beda signifikant pelayanan, dan kelas mana sebaiknya yg dipilih?

    • Wah saya kurang tau juga ya mas, tapi saya rasa untuk pelayanan seharusnya semua dilayani dengan baik

      • Mba, aku blh ♏ɪ̣̇₪Ŧɑ̈ email ϞƔª mba…aku dri Gorontalo rencananya aku ϑαπ suami ♏ªǚ bw anak berobat Ӄє RS. Salemba, Τάρί ªϑa̲̅ hal Ӵƍ ingin aku tanyakan lngsng pd mba…jika berkenan mhn mba emali Ӄє aku no,Hp mba Ƴª˚ªaaª˚…
        Email aku; chikatmal@gmail.com

  78. Salam kenal buat ibu-ibu semuanya, trimakasih blok ini sangat membantu…anak saya berusia 3,10 bln amandel anak saya membesar dan klo tidur sering susah nafas..akhirnya sy bawa ke dokter sp anak ternyata amandelnya sudah besar yaitu sekitar ukuran 3 (ukuran maks 4)..kemudian sy bawa ke THT di rontgen dan ternyata adenoidnya membesar jd jl nafasnya tinggal beberapa mili, sm dokter dikasih obat…setelah di kasih obat anak saya langsung sembuh tapi setelah obat habis akan kambuh lagi…amandel bengkak, panas dan susah nafas…sy bawa ke tht lagi..dan di kasih obat lagi…dan terus sampai sekarang tapi saat ini jika sakit sy bawa ke dokter umum juga langsung sembuh abis itu kambuh lagi…dari dua dokter tht yang saya temui tidak ada yg menyarankankan untuk operasi…# Sebenarnya ada sedikit angan-angan saya untuk operasi saja…tapi masih ada beberapa hal yg harus di perhatikan

    setelah saya mengamati anak saya siang dan malam, ada semacam lendir yg tidak bisa keluar melalui hidung, mungkin itu di sebabkan karena adenoidnya yang bengkak.lendir itu akan semakin banyak dan ketika hari ke-3 anak saya akan pilek, batuk dan panas dan nafasnya bau dan saat itu juga amandelnya membesar..Setelah saya tanyakan ke dokter apa penyebab dari lendir tersebut…dokter mengatakan bahwa penyebabnya adalah ZAT-ZAT KIMIA itu PASTI!!..

    Jadi sebelum melakukan tindakan operasi harus di cari dulu sumber penyebabnya apalagi jika pembesaran adenoid di akibatkan reaksi alergi terhadap zat-zat tertentu…karena adenoidnya bisa tumbuh lagi jika terkena zat-zat alergenya(zat-zat penyebab alergi)

    Jadi ibu-ibu harus benar-benar cermat mengamati apa saja yg di konsumsi oleh putra-putrinya karena itu adalah penyebab utama semua masalah kesehatan putra-putri bapak/ibu…Namun jika tindakan operasi memang di perlukan ya harus di laksanakan demi kebaikan si buah hati…tapi jadikan tindakan operasi sebagai pilihan terakhir…banyak anak-anak yg terkena tonsilitis sembuh tanpa operasi tapi harus bener-bener di jaga pola makanya….saat ini saya juga sedang merawat anak saya yang sedang mengalami masalah yang sama seperti yg telah kita bahas…minta doanya semoga anak saya bisa sembuh tanpa operasi…Trims

  79. salam kenal mbk…..
    anakqw umur 3 thn,pernah saya bw ke THT sby kata dokter amandel’y bsr n harus di ambil.skrng ini saya bnr2 bingung untuk ambil tindakan karena ada yg blng umur hrs 6thn ke atas.yang mau saya tanyakan apa operasi ini tidak berisiko kematian mbk??klo blh saya minta nope mbk yg bs dihub untuk bs sharing.email saya Zhen_zee2609@yahoo.com
    terima kasih sebelum’y

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: